WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Loseweight

Tidak Semua Lemak Itu Jahat Lho, Intip Manfaat Baiknya Yuk !

Tidak Semua Lemak Itu Jahat Lho, Intip Manfaat Baiknya Yuk !
Seseorang dikatakan mempunyai ukuran tubuh ideal apabila bentuk tubuhnya tidak terlalu kurus maupun tidak terlalu gemuk dan terlihat serasi antara berat dan tinggi badan. Agar tubuh seseorang ideal, lemak di dalam tubuh harus dalam keadaan normal. Lemak memang harus ada di dalam tubuh, tetapi jangan sampai kekurangan atau bahkan kelebihan.

Saat ini kegemukan merupakan masalah kesehatan di seluruh dunia, tidak hanya di negara maju saja tetapi juga negara berkembang salah satunya Indonesia. Kegemukan adalah keadaan dimana tubuh kita mengalami kelebihan lemak. Kegemukan atau obesitas, selain mengurangi rasa percaya diri juga berkaitan dengan penampilan fisik yang diketahui juga dapat meningkatkan berbagai resiko penyakit.

Seseorang dikatakan mempunyai ukuran tubuh ideal apabila bentuk tubuhnya tidak terlalu kurus maupun tidak terlalu gemuk dan terlihat serasi antara berat dan tinggi badan. Agar tubuh seseorang ideal, lemak di dalam tubuh harus dalam keadaan normal. Lemak memang harus ada di dalam tubuh, tetapi jangan sampai kekurangan atau bahkan kelebihan ya ladies.

Tapi tenang saja ladies, tidak semua lemak itu buruk kok, pembicaraan mengenai lemak memang sering memberikan kesan seolah-olah lemak merupakan zat yang berbahaya. Namun dibalik itu semua, tersedianya lemak di dalam tubuh ternyata banyak manfaatnya lho, yuk intip apa saja nih manfaat lemak yang ada dalam makanan dan dalam tubuh kita:

1.  Manfaat lemak di dalam makanan

  • Memberi rasa gurih sehingga makanan menjadi lebih enak dan sedap.
  • Menghasilkan rasa kenyang lebih lama dari pada karbohidrat dan protein, karena waktu untuk mencernanya paling lama.
  • Memperkecil volume makanan sumber energi karena kandungan energi di dalam lemak lebih dari dua kali kandungan lemak di dalam itu karbohidrat atau protein. Hal ini sangat penting dalam pembuatan makanan bayi dan anak. Kapasitas lambung bayi dan anak terbatas, karena makanan mereka harus padat berisi.
  • Sebagai sumber zat yang diperlukan oleh tubuh, terutama asam lemak esensial dan vitamin A, D, E, K yang larut dalam lemak.
  • Menghasilkan penampilan dan tekstur makanan yang disukai. Tekstur makanan dipengaruhi oleh jenis dan jumlah lemak yang digunakan pada pembuatannya 

2. Manfaat lemak dalam tubuh

  • Lemak merupakan sumber energi setelah karbohidrat. Kebutuhan energi tubuh hendaknya dipengaruhi oleh konsumsi karbohidrat dan lemak agar protein dapat menjalankan fungsinya sebagai zat pembangun. Sebagai sumber energi, lemak menghemat protein yaitu mengurangi jumlah protein yang digunakan sebagai sumber energi
  • Lemak dapat disimpan sebagai cadangan energi berupa jaringan lemak.
  • Lapisan lemak di bawah kulit merupakan insulator sehingga tubuh dapat mempertahankan suhu normal.
  • Lemak merupakan bantal pelindung bagi organ vital seperti bola mata dan ginjal.
  • Lemak dipergunakan dalam penyerapan vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak.

Nah, lalu bagaimana jika lemak ditubuh kita sudah menumpuk?

Menurunkan berat badan secara berlebihan itu sangatlah tidak baik ladies. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan antara lain:

1. Diet Seimbang

        

Diet gizi seimbang dengan komposisi karbohidrat 60 -75 %, protein 10-15 % dan lemak 20-25 % dari total asupan kalori per hari adalah yang dianjurkan. Lemak merupakan penghasil kalori terbesar per gramnya dibandingkan karbohidrat dan protein. Satu gram lemak mengandung 9 kal, sementara 1 gram karbohidrat dan protein mengandung 4 kal. Langkah pertama untuk menurunkan berat badan adalah mengembangkan diet yang sehat yang dapat menghentikan penambahan berat badan. Beberapa diet penurunan berat badan harus menyediakan kalori yang lebih sedikit atau sering kita kenal dengan defisit kalori. Jika seseorang membutuhkan 3000 kalori per hari untuk memelihara berat badannya dengan kebiasaan hidupnya, la harus makan sekitar 2500 -2000 kalori perhari untuk menghilangkan 0,5 - 1 kg berat badan per minggu. Pada umumnya sangat berbahaya untuk menurunkan berat badan secara cepat ya ladies. Makanan di dalam diet kamu harus sehat seimbang. Makanan harus menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan bagi kesehatan yang baik dalam jumlah yang cukup. Tidak ada bukti bahwa diet yang ekstrim seperti rendah karbohidrat, rendah protein, atau diet berdasarkan satu jenis makanan, memiliki banyak keuntungan di atas diet sehat seimbang lho.

2. Latihan Fisik

    

Latihan fisik (olahraga) terbukti sebagai cara untuk menggerakkan lemak dari simpanan jaringan adiposis dan membakarnya untuk energi. Latihan fisik yang teratur akan membakar lemak, membantu dalam mempertahankan berat badan yang diinginkan, persentase lemak tubuh, figur yang ramping, dan sehat. Latihan yang cocok untuk program penurunan berat badan adalah latihan yang dilakukan secara terus-menerus, dalam jangka waktu yang lama atau sering disebut dengan latihan aerobik. Latihan aerobik merupakan bentuk latihan yang dilakukan berulang-ulang (kontinyu) dan bersifat terus menerus (ritmis), yang menggunakan kelompok otot besar dalam tubuh, dan dapat dipertahankan terus menerus selama 20 hingga 30 menit per hari.

Contoh latihan aerobik yang bisa kamu coba adalah jalan cepat, lari pelan-pelan (jogging), lari, bersepeda, treadmill, menari dan yang lainnya. Aktivitas aerobik yang mempunyai pengaruh besar pada lemak tubuh adalah semua bentuk aktivitas aerobik yang dilakukan pada intensitas rendah sampai sedang. Selain itu, aktivitas aerobik juga akan meningkatkan besaran lean body weight (LBW), yang terutama disebabkan oleh perubahan volume dan massa otot rangka, sehingga dengan melakukan aktivitas aerobik dapat terjadi penurunan berat badan karena turunnya persentase lemak tubuh total kamu ladies.

Di sisi lain, dapat pula tidak terjadi perubahan berat badan atau bahkan terjadi peningkatan, karena meskipun persentase lemak tubuh total kamu berkurang, dapat pula terjadi peningkatan LBW karena adanya peningkatan massa dan volume otot. Maka dari itu latihan aerobik tidak disarankan dilakukan dalam waktu yang terlalu lama atau lebih dari 30 menit per hari agar tidak terjadi peningkatan massa otot yang dapat mempengaruhi kenaikan berat badan kamu.

Nah jadi itu dia beberapa manfaat lemak dan juga cara mengatasi penumpukan lemak dalam tubuh kita ya ladies! Semoga bermanfaat ~