WRP Lose Weight

Sering Merasa Lapar? Waspada Lapar Palsu

Sering Merasa Lapar? Waspada Lapar Palsu

Ladies, sudah makan berat tapi masih merasa lapar? mungkin banyak dari kalian yang sering merasakan ini, alhasil terkadang kita menjadi lapar mata dan melampiaskannya ke  cemilan dan menjadi kalap makan, akhirnya timbangan pun naik melejit dietpun menjadi gagal. Bisa jadi yang kalian rasakan adalah kelaparan palsu. Lapar palsu atau false hunger adalah ketika tubuh kita tidak benar-benar membutuhkan/menginginkan nutrisi karena sudah cukup tetapi terjadi rangsangan/stimulus sehingga memicu sinyal rasa lapar. 

Sedangkan true hunger/lapar asli adalah keadaan dimana tubuh benar-benar memerlukan asupan nutrisi untuk memenuhi atau mengganti nutrisi yang hilang karena aktivitas. Biasanya rasa lapar palsu terjadi secara tiba-tiba, sesaat dan spesifik pada makanan tertentu saja hal ini dikarenakan adanya pengaruh rasa sedih, bosan, frustasi atau keadaan emosional lainnya dan adanya rangsangan ingin makan-makanan tinggi lemak dan gula misalnya jika sering mencium aroma makanan manis atau gurih.

Nah ladies apakah kalian sering merasa lapar? jika iya bisa jadi itu adalah gejala dari lapar palsu, kalian harus bisa membedakan lapar palsu dan lapar asli. lalu seperti apa ciri-ciri lapar palsu dan asli ? apa penyebab lapar palsu ? yuk kita simak penjelasan di bawah ini:

Ciri-ciri lapar palsu : 

  1. Merasa lapar lagi setelah makan berat    
  2. Merasa seluruh makanan yang di lihat enak  
  3. Merasa lapar ketika mencium aroma-aroma makanan 
  4. Ingin ngemil makanan tertentu (spesifik) dan terus menerus 

Ciri-ciri lapar asli :

  1. Merasa lapar bertahap dan sesuai jam makan ( sarapan, jam ngemil pagi dan sore, makan siang dan makan malam)
  2. Tubuh menjadi lemas 
  3. Kurang konsentrasi 
  4. Merasa kedinginan/Hipotermia

Penyebab lapar palsu :

1. Telalu sering mengkonsumsi karbohidrat sederhana 
Apakah kamu sering mengkonsumsi makanan tinggi gula seperti minuman manis, kue manis dan keripik asin, jika iya sebaiknya mulai sekarang harus di hindari. karena ketika tubuh kelebihan konsumsi karbohidrat sederhana akan menyebabkan kada glukosa dalam darah meningkat secara drastis dan turun secara cepat, sehinggga gula darah menjadi rendah dan hypotalamus di otak memerintah kita untuk segera makan yang cepat memberikan energi seperti makanan yang manis inilah yang membuat kita masih tetap merasa lapar.  

2. Kelelahan dan dehidrasi. 
Jika saat kamu lelah dan merasa lapar, ada baiknya kamu beristirahat sejenak bisa jadi itu hanya lapar palsu bahwa sebenarnya tubuh kamu memerlukan istirahat bukan untuk makan, kelelahan juga membuat otak anda memberikan sinyal/rangsangan ingin makan makanan manis. Selain kelelahan dehidrasi pun dapat memunculkan sinyal lapar palsu, ketika sedang dehidrasi ringan hipotalamus di otak kebingungan memberikan sinyal haus dan lapar. Ada baiknya ketika kita merasa lapar untuk meminum segelas air dahulu untuk melihat apakah tubuh kita benar-benar lapar atau dehidrasi.

3. Kurang konsumsi protein, sayur dan buah.
Kurang konsumsi sumber protein, sayur dan buah dapat membuatmu cepat lapar kembali, makanan sumber protein seperti ikan, ayam, daging, telur, tahu, tempe dan kacang-kacangan dapat  membuatmu merasa kenyang lebih lama, serta kandungan serat dalam buah dan sayur dapat menahan rasa laparmu dan menstabilkan gula darahmu. 

4. Kurang tidur dan stress.
Kurang tidur dapat memicu produksi hormon ghrelin (hormon rasa lapar) dan menyebabkan tubuh sedikit memproduksi hormon leptin (hormon rasa kenyang) inilah yang menyebabkan kita merasa lapar terus. Kemudian jika kita sedang stress juga akan menaikkan nafsu makan kita, saat kita tegang tubuh akan menaikkan hormon adrenalin dan kortisol akibatnya tubuh akan melakukan mekanisme perlindungan diri dengan memberi sinyal ke otak untuk mengkonsumsi makanan manis yang akan memproduksi hormon endorphin (hormon rasa nyaman) sehingga membuat kita merasa nyaman tidak stress. nah ada baiknya tidur yang cukup dan hindari stress ya. 

5. Jadwal makan tidak teratur, jarang ngemil dan sering makan dengan porsi yang banyak.
Ladies, apakah kamu sering telat makan, makan dengan porsi banyak dan jarang ngemil ? jika iya ada baiknya kamu menghindari kebiasaan ini karena dapat memicu false hunger atau lapar palsu. Terlalu lama jeda makan tubuh akan lebih sering memberikan sinyal rasa lapar dan keinginan untuk makan makanan yang manis atau asin, serta makan dalam porsi yang banyak dan cepat dapat menaikkan kadar gula darah dengan cepat dan turun dengan cepat pula, akibatnya tubuh akan merasa cepat lapar lagi. Sebaiknya makan dengan porsi kecil tapi sering lebih di anjurkan supaya dapat mengontrol nafsu makan dan gula darahmu ladies. 

Nah ladies, lapar palsu sering menjadi penyebab kenaikan berat badan dan obesitas ada baiknya kalian menghindari kebiasaan-kebiasaan diatas dan dengan kita mengenali tanda-tanda lapar palsu kita dapat lebih dini mencegah gejala lapar palsu dan menjaga diri agar terhindar dari makan berlebihan yang akan membuat dietmu berantakan. Selain itu kita dapat mengatasi lapar palsu dengan membiasakan makan porsi kecil tapi sering, minum segelas air putih sebelum makan, makan porsi cukup,lengkap dan seimbang, jadwal makan teratur, tidur yang cukup dan hindari stress. Tetap semangat ber-diet ladies sure you can do.

WRP Admin

http://www.wrp-diet.com

WRP diet adalah nutrisi dalam bentuk susu diet untuk membentuk tubuh dengan berbagai pilihan rasa. Dapatkan tips dan cara diet sehat paling ampuh ala wrp.

Follow Me: