WRP Lose Weight

Ubi, Makanan Pengganti Nasi Yang Baik Untuk Dieters

Di antara bahan pangan sumber karbohidrat, ubi jalar memiliki keunggulan dan keuntungan yang sangat tinggi. Karena patinya memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya antara lain karbohidrat, protein, serat, kaya akan vitamin C dan A sehingga menjadi bahan pangan yang baik sebagai pengganti nasi.

Ladies, seperti yang kita tahu,banyak sekali sumber makanan pengganti nasi, seperti kentang, jagung, tepung-tepungan, bihun, mie, oats, ubi, singkong, talas dan jenis umbi-umbian lainnya. Bahan makanan ini juga termasuk golongan sumber karbohidrat pengganti nasi, tapi sayangnya kebanyakan orang Indonesia masih menganut mitos “belum kenyang jika belum makan nasi” sehingga mengonsumsi nasi adalah hal yang wajib di setiap makan utama.

Ahli gizi merekomendasikan bahwa kita harus makan beraneka ragam sesuai dengan prinsip gizi seimbang, tidak monoton harus selalu mengonsumsi nasi setiap hari, Di antara bahan pangan sumber karbohidrat, ubi jalar memiliki keunggulan dan keuntungan yang sangat tinggi ladies, kalian bisa mencoba mulai beralih dari nasi ke ubi sebagai bahan makanan pokok, menurut ahli gizi Ubi Jalar merupakan bahan pangan yang baik sebagai pengganti nasi. Karena patinya memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya antara lain karbohidrat, protein, serat, kaya akan vitamin C dan A. Berikut adalah manfaat mengonsumsi ubi sebagai pengganti nasi, yuk disimak :

  1.  Sebagai sumber karbohidrat kompleks dan rendah kalori.

karbohidrat didalam ubi terdiri dari pati, gula, serat, selulosa, hemiselulosa, dan pektin. karbohidrat pada ubi jalar juga bermanfaat bagi kesehatan karena karbohidrat yang dikandung ubi jalar masuk dalam klasifikasi Low Glikemik Index artinya makanan tersebut memiliki indeks glikemik rendah, dicerna oleh tubuh dengan lambat tidak langsung menaikkan kadar gula darah secara drastis sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama dan menunda rasa lapar, selain itu kandungan kalori dalam 100 gram atau 1 buah ubi mengandung 130 kkal, nah cocok banget nih untuk ladies yang sedang program diet.

  1. Kandungan serat yang tinggi.

Ubi jalar banyak mengandung serat antara 0,90–1,20 persen atau sekita 3-4 gram/100 gram ubi. Kandungan serat yang tinggi dalam ubi berperan penting dalam proses pencernaan, mempercepat waktu cerna makanan dalam usus ,menurunkan kadar gula dalam darah, memperlambat rasa lapar, dan melindungi usus dari resiko kanker.

  1. Kaya akan kandungan air.

Ladies Meskipun ubi jalar memiliki tekstur yang padat, tapi ternyata rata rata kandungan air pada ubi jalar sekitar >60%, kandungan air dalam ubi jalar dapat bisa menurunkan berat badan, menekan nafsu makan karena tubuh akan lebih mudah mencerna makanan yang tinggi akan kandungan air, selain itu kandungan air dalam ubi dapat membantu proses metabolisme dan pembakaran lemak lebih cepat.

  1. Kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan.

Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin A , B, C dan D, fosfor, besi, dan kalsium. Kandungan beta karotin pada ubi jalar yang tinggi bermanfaat sebagai bahan utama pembentukan vitamin A. Vitamin D, kalsium dan fosfor juga sangat penting untuk pembentukan tulang dan menjaga kepadatan tulang, sehingga ubi jalar dapat mencegah osteoporosis dini. Selain vitamin dan mineral ubi mengandung antosiannin yang tinggi, khususnya pada ubi unggu, antosiannin merupakan antioksidan yang ampuh untuk mencegah radikal bebas dan tumbuhnya sel-sel kanker dan tumor.

 

Nah ladies, banyak banget kan manfaat dari ubi ini. Pengolahan ubi sebaiknya diolah dengan cara di rebus atau dipanggang karena penambahan minyak atau margarin dapat menambah jumlah kalori pada ubi tersebut dan jangan lupa untuk selalu menerapkan pla makan gizi seimbang setiap harinya ya~

 

WRP Admin

http://www.wrp-diet.com

WRP diet adalah nutrisi dalam bentuk susu diet untuk membentuk tubuh dengan berbagai pilihan rasa. Dapatkan tips dan cara diet sehat paling ampuh ala wrp.

Follow Me: