WRP Lose Weight

Seberapa Penting sih, Mengonsumsi Serat Saat Diet?

Serat merupakan bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar. 

Kenapa tubuh kita memerlukan serat? 


 
Serat pangan, dikenal juga sebagai serat diet atau dietary fiber, merupakan bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus halus manusia serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar. Jika sebagian besar karbohidrat akan dipecah menjadi molekul gula di dalam tubuh namun tidak dengan serat, serat akan melewati tubuh tanpa dipecah. Serat terbagi atas dua jenis yaitu serat larut dan serat tidak larut. Jika seseorang mengonsumsi serat, tubuh tidak akan menyerap apapun dalam serat yang kita konsumsi kecuali vitamin, mineral ataupun kandungan lain dari sari makanan berserat itu sendiri. Adapun jenis-jenis sumber serat yang bisa kita konsumsi adalah:

  1. Buah-buahan
  2. Serelia
  3. Sayuran
  4. Biji-bijian

Sayur-sayuran dan buah-buahan adalah sumber serat pangan yang sangat mudah ditemukan dalam bahan makanan. Sayuran dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah maupun setelah melalui proses perebusan. Sedangkan buah-buahan Indonesia merupakan negara yang kaya akan aneka macam buah-buahan. Rata-rata konsumsi serat masyarakat Indonesia yang dianjurkan yaitu 30 gram per hari. Untuk sayur dan buah yang dianjurkan yakni sekitar 400gr/hari yang terdiri dari 250gr sayuran dan 150gr buah-buahan.
Apa saja manfaat serat untuk tubuh?

1. Membuat kenyang lebih lama
Makanan yang kaya akan serat akan mengalami waktu cerna yang lebih lama dalam lambung, kemudian serat akan menarik air dan memberi rasa kenyang lebih lama sehingga mencegah kamu untuk mengkonsumsi makanan lebih banyak. Makanan dengan kandungan serat kasar yang tinggi biasanya mengandung kalori rendah, kadar gula dan lemak rendah yang dapat membantu mengurangi terjadinya obesitas.

2. Menjaga dan Melancarkan sistem pencernaan
Serat meningkatkan berat dan ukuran tinja serta dapat melembutkan tinja. Makanan berserat dapat mepercepat pengeluaran tinja karena serat tidak dicerna maupun diserap. Serat dapat mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar. Mengkonsumsi tinggi serat dapat menurunkan risiko wasir atau ambeien dan kantong kecil di usus besar (penyakit divertikular). Beberapa serat difermentasi dalam usus besar.

3. Penanggunalangan diabetes
Diet cukup serat juga menyebabkan terjadinya kompleks karbohidrat dan serat, sehingga daya cerna karbohidrat berkurang. Keadaan tersebut mampu meredam kenaikan glukosa darah dan menjadikannya tetap terkontrol.

4. Mencegah gangguan Gastrointestinal
Konsumsi serat pangan yang cukup, akan memberi bentuk, meningkatkan air dalam feces menhasilkan feces yang lembut dan tidak keras sehingga hanya dengan kontraksi otot yang rendah feces dapat dikeluarkan dengan lancar. Hal ini berdampak pada fungsi gastrointestinal lebih baik dan sehat

5. Mengurangi kadar kolesterol
Serat larut air menjerat lemak di dalam usus halus, dengan begitu serat dapat menurunkan tingkat kolesterol dalam darah sampai 5% atau lebih. Dalam saluran pencernaan serat dapat mengikat garam empedu (produk akhir kolesterol) kemudian dikeluarkan bersamaan dengan feses. Dengan demikian serat pangan mampu mengurangi kadar kolesterol dalam plasma darah sehingga diduga akan mengurangi dan mencegah resiko penyakit kardiovalkuler.
Selain enak dan mudah didapat ternyata banyak ya manfaat serat untuk tubuh kamu. Ketika sedang menjalani program diet, kebutuhan seratmu juga bisa kamu dapatkan dari WRP Meal Replacement loh dear. Dalam 1 sachet WRP Meal Replacement mampu memenuhi 11% kebutuhan seratmu dalam sehari. Nah, sekarang sudah tahu bukan kalau sayuran dan buah-buahan yang sering kita abaikan justru banyak sekali manfaatnya.

WRP Admin

http://www.wrp-diet.com

WRP diet adalah nutrisi dalam bentuk susu diet untuk membentuk tubuh dengan berbagai pilihan rasa. Dapatkan tips dan cara diet sehat paling ampuh ala wrp.

Follow Me: