WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Loseweight

Beberapa Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan, Intip Yuk!

Beberapa Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan, Intip Yuk!
Protein yang terkandung dalam biji chia ditemukan dalam jumlah yang cukup tinggi dibandingkan jenis biji-bijian lainnya, serta bebas dari protein gluten. Selain itu, biji chia mengandung sejumlah komponen antioksidan seperti asam klorogenat, asam kafeat, myricetin, quercetin dan kaempferol. Biji chia juga merupakan sumber vitamin B dan mineral yang baik untuk tubuh kamu.

Biji chia atau chia seed (Salvia hispanica L) merupakan salah satu bahan alam dengan potensi kesehatan, yang dapat dijadikan sebagai alternatif pengembangan produk pangan fungsional. Tanaman ini berasal dari Amerika Tengah, khususnya Meksiko dan Guatemala. Biji chia mengandung protein 15–25%, lemak 30–33%, karbohidrat 26–41%, serat 18–30%, mineral 4–5%, dan asam lemak omega 3 (asam linolenat) sebesar 17,83%.

Ladies, sekilas chia seed ini tampak mirip dengan biji selasih, namun sebenarnya keduanya merupakan dua tanaman yang berbeda. Chia Seed adalah tanaman yang berasal dari gurun Salvia hispanica yang masih satu famili dengan tanaman mint. Chia seed tumbuh dan ditemukan di Amerika Tengah di mana biji-bijian tersebut dimanfaatkan sebagai makanan suku Aztec kuno.

Pada tahun 2009 biji chia telah disetujui sebagai sumber pangan baru (novel food) oleh Parlemen Eropa dan Dewan Eropa. Penggunaan biji chia sebagai bahan pangan dilaporkan aman karena tidak memiliki efek samping atau alergenitas. Dengan demikian, biji chia dan produk turunannya merupakan sumber yang menjanjikan untuk dikembangkan, misalnya sebagai produk siap minum (ready to drink), atau alternatif dalam pengembangan pangan fungsional lho.

Protein yang terkandung dalam biji chia ditemukan dalam jumlah yang cukup tinggi dibandingkan jenis biji-bijian lainnya serta bebas dari protein gluten. Selain itu, biji chia mengandung sejumlah komponen antioksidan seperti asam klorogenat, asam kafeat, myricetin, quercetin dan kaempferol. Biji chia juga merupakan sumber vitamin B dan mineral yang baik untuk tubuh kamu.

Manfaat Chia Bagi Kesehatan

   1. Menurunkan Berat Badan

Jumlah serat yang cukup tinggi di dalam chia seed dipercaya dapat menurunkan berat badan kamu lho. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung serat tinggi umumnya dapat membantu dalam membuat perut kamu merasa kenyang lebih lama. Kandungan protein pada biji chia juga dipercaya dapat mengurangi keinginan kamu untuk makan. Biji chia berada di peringkat teratas di antara makanan protein nabati tertinggi, itulah sebabnya protein biji chia sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang mencoba memakai otot tanpa lemak, membakar lemak, dan mengelola rasa lapar serta nafsu makan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein dapat menurunkan berat badan dengan mengekang nafsu makan dan mengurangi asupan kalori. Namun, mengonsumsi chia seed saja tidak cukup membuat program penurunan berat badan kamu sukses ya ladies. Dalam hal ini, chia seed bisa membantu menurunkan berat badan kamu jika diimbangi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat. Bisa dimulai dengan mengontrol asupan kalori harian kamu, rajin berolahraga, dan istirahat yang cukup. Salah satu studi yang diterbitkan dalam American Jurnal of Clinical Nutrition, menunjukkan bahwa peningkatan asupan protein dengan hanya 15 persen kalori harian menyebabkan penurunan yang signifikan dalam asupan energi dan nafsu makan.

       2. Baik Untuk Kesehatan Tulang

Manfaat chia seed yang lainnya adalah baik untuk menjaga kesehatan tulang kamu lho. Kandungan protein serta mineral pada chia seed seperti kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor baik untuk mendukung kesehatan tulang kamu dan mencegah osteoporosis. Selain itu, chia seed yang berasal dari tanaman juga merupakan sumber kalsium yang baik bagi kamu yang vegetarian. Dengan mengonsumsi mineral-mineral tersebut di samping berolahraga secara teratur dapat melindungi kepadatan tulang kamu ya ladies.

      3. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Chia seed mengandung serat, protein, dan omega-3 yang tinggi, sehingga membuatnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Mereka juga dapat meningkatkan kolesterol "HDL" yang baik, beberapa peneliti menunjukkan bahwa biji chia secara signifikan mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi, yang merupakan faktor risiko kuat untuk penyakit jantung. Chia seed dengan kandungan protein, serat, antioksidan, dan lemak baik yang tinggi ternyata juga terlihat memiliki dampak yang baik untuk kesehatan jantung. Secara keseluruhan, ada kemungkinan bahwa biji chia dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, namun hal ini mungkin tidak akan cukup berpengaruh apabila tidak dibersamai dengan pola hidup sehat, olahraga teratur, dan makan bergizi seimbang.

      4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi adalah gejala khas diabetes tipe 2 yang tidak bisa diobati. Kadar gula darah tinggi secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa penyakit kronis, termasuk penyakit jantung. Namun kadar gula tinggi yang diakibatkan karena mengonsumsi makanan dengan kandungan glukosa yang berlebihan juga dapat memicu masalah kesehatan. Suatu penelitian yang dilakukan pada hewan telah membuktikan bahwa salah satu manfaat chia seed ialah dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan kontrol gula darah, serta menstabilkan kadar gula darah setelah makan. Beberapa penelitian pada manusia pun mendukung hal ini dengan menunjukkan bahwa makan roti yang mengandung chia seed dapat menurunkan kenaikan gula darah dibandingkan dengan roti tanpa chia seed.

      5. Mengurangi Peradangan Kronis

Peradangan adalah respons normal tubuh kamu terhadap infeksi atau cedera, salah satu contohnya yaitu kulit memerah dan bengkak. Meskipun peradangan membantu tubuh kamu menyembuhkan dan melawan bakteri, virus, atau agen infeksi lain, kadang-kadang dapat pula menyebabkan kerusakan. Peradangan kronis dapat meningkatkan resiko untuk terkena kanker dan penyakit lainnya. Peradangan kronis sering tidak memiliki tanda-tanda yang terlihat, tetapi dapat dinilai dengan mengukur penanda peradangan dalam darah kamu. Berbagai kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat meningkatkan risiko peradangan kronis, termasuk merokok, kurang olahraga, atau pola makan yang buruk. Di sisi lain, makanan sehat tertentu dapat mengurangi kadar penanda inflamasi dalam darah salah satunya adala chia seed yang memang mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Nah ladies, itu dia beberapa manfaat chia seed bagi kesehatan kamu, bagaimana nih apakah kamu akan mulai memasukan chia seed sebagai salah satu daftar makanan kamu sehari - sehari ? Semoga informasi ini bermanfaat ya !