WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Everyday

Udah Jaga Makan, Tapi Pas Menstruasi Berat Badan kok Langsung Naik ya?

Udah Jaga Makan, Tapi Pas Menstruasi Berat Badan kok Langsung Naik ya?

Girls, setelah menjaga pola makan selama kurang lebih 1 bulan  tentu yang diharapkan adalah penurunan angka timbangan dan perbaikan komposisi tubuh yang signifikan bukan. Nah, harapan tersebut kadang mudah sekali sirna ketika tamu bulanan datang. Pasalnya, angka timbangan pasti akan otomatis naik beriringan dengan si tamu bulanan ini datang, yang kemudian dampaknya adalah kekecewaan yang kita rasakan dan berujung putus asa dalam menjalanan program diet. Padahal, hal tersebut masih wajar loh, kamu jangan berkecil hati dan langsung putus asa secepat itu, coba kita cek faktanya dulu dibawah ini:

Kebanyakan wanita saat hendak menstruasi pasti mengalami perubahan hormon. Nah, perubahan hormon ini dapat memengaruhi peningkatan nafsu makan Kamu. Nafsu makan Kamu diatur oleh dua jenis hormon, yaitu ghrelin si pemicu nafsu makan yang diproduksi di lambung dan leptin yang diproduksi di sel lemak untuk menekan rasa lapar. Perubahan hormon tubuh bisa mengacaukan kerja kedua hormon lapar ini, sehingga lambung memicu pelepasan hormon ghrelin yang lebih banyak sementara produksi leptin justru direm. Nafsu makan yang lebih tinggi tentu bisa menjadi penyebab berat badan naik saat haid.

Selain itu, peningkatan berat badan selama masa menstruasi juga mungkin dipengaruhi oleh penumpukan berat air dalam tubuh, alias retensi air. Penambahan berat badan air juga dipengaruhi oleh perubahan hormon selama menstruasi. Kali ini, hormon yang bertanggung jawab dalam peningkatan berat air adalah hormon estrogen. Kadar estrogen yang lebih banyak membuat sel-sel tubuh menyimpan lebih banyak cairan. Pada akhirnya, hal ini membuat tubuh terasa lebih kencang dan padat, terutama di bagian payudara. Kenaikan berat air ini bisa terjadi 5-7 hari sebelum menstruasi hari pertama, tapi jumlahnya pun tidak banyak — hanya sekitar 0.5 kg.

Masih terkait dengan perubahan hormon selama menstruasi. Kamu mungkin sudah menyadari betul adanya perubahan nafsu makan saat menstruasi. Kamu jadi lebih sering ngidam, lebih banyak makan, dan berujung pada berat badan yang bertambah. Ini terjadi setelah ovulasi dan berlangsung hingga hari pertama menstruasi dengan dominasi hormon progesteron. Nah, hormon ini memicu nafsu makan. Menjelang haid, beberapa wanita juga mengalami perubahan mood drastis, seperti mudah marah, sedih, bahkan ada pula yang menunjukkan gejala depresi ringan. Gejolak emosi ditambah dengan stres harian dan gejala PMS lainnya yang menyakitkan bisa semakin meningkatkan kadar stres Kamu. Makan saat emosi bisa membuat porsi makanan Kamu jadi tidak terkontrol dan menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain itu, perubahan emosi yang dibarengi dengan gejala nyeri PMS pada umumnya membuat beberapa wanita lebih jarang beraktivitas. Akibatnya, makanan yang masuk pun lebih sedikit dibakar. Itulah mengapa Kamu bisa melihat berat badan naik saat haid. Untuk meminimalisir hal tersebut, kamu bisa nih coba beberapa tips dibawah ini:

  • Minum banyak air untuk menghilangkan retensi air dengan mengonsumsi air 8-10 gelas per hari
  • Hindari makanan berlemak, alkohol, dan kafein yang memicu tubuh untuk menahan air, khususnya sebelum periode menstruasi terjadi
  • Batasi makanan yang mengandung tinggi garam sebelum dan saat menstruasi untuk mengurangi berat air di dalam tubuh. Ini artinya, kurangi makanan asin maupun makanan yang berpengawet.
  • Selalu lakukan olahraga yang teratur sebelum dan saat menstruasi. Aktivitas fisik yang teratur membantu mengurangi gejala pra-menstruasi. Selain itu dengan olahraga dapat membantu mengurangi stres dan mengurangi nafsu makan yang timbul saat hormon estrogen memuncak (tepat sebelum darah menstruasi keluar)
  • Kontrol nafsu makan meningkat jelang menstruasi. Jangan sampai terlalu memanjakan diri dan menuruti nafsu untuk makan berlebihan.
  • Pilih jenis makanan yang tentunya dibutuhkan oleh tubuh kamu, bukan makanan yang dibutuhkan oleh pikiran kamu ya. Tubuh kamu perlu makanan bergizi untuk mendukung kinerjanya sehari-hari agar tetap berjalan dengan baik.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir kenaikan berat badan drastis saat menstruasi. Jadi kamu jangan berkecil hati dan putus asa dulu ya saat berat badan kamu bertambah ketika menstruasi. Yuk, kita semangat untuk menjalankan program hidup sehat, agar kualitas hidup kita semakin baik untuk kedepannya.