WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Everyday

Tubuh Makin Sehat dengan Makan Tepat Waktu

Tubuh Makin Sehat dengan Makan Tepat Waktu

Girls apakah kamu sering menunda makan siang karena sibuk dengan pekerjaan, atau melewatkan sarapan dengan alasan bangun kesiangan, baiknya kamu perlu mulai merubah kebiasaan tersebut yaa.

Makan tepat waktu dan teratur sangat penting untuk dilakukan dan bahkan harus dibiasakan. Sebab, makan tepat waktu dan teratur memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Melewatkan sarapan sangat berbahaya bagi kesehatan kamu. Misalnya, orang-orang yang melewatkan sarapan cenderung bertubuh lebih gemuk dan memiliki kadar kolestrol darah yang tinggi dibandingkan mereka yang rutin sarapan.

Makan tepat waktu merujuk pada konsep 5 kali makan dalam sehari ialah sarapan, snack pagi, makan siang, snack sore dan makan malam. Hindari makan saat dalam keadaan sangat lapar sehingga dapat mencagah kamu dari makan berlebihan.  Jam makan yang tepat yaitu :

  • Sarapan : Pukul 06:00-08:50
  • Snack Pagi : Pukul 09:00-10:00
  • Makan Siang : Pukul 12:00-14:00
  • Snack Siang : Pukul 15:00-16:00
  • Makan Malam: 18:00 - 19:50

Tidak perlu khawatir dengan banyaknya frekuensi makan. Karena jika pilihan makan tepat seperti makan dengan porsi bergizi seimbang dalam sekali makan berisi karbohidrat (nasi, kentang, pasta), protein (ikan, daging, tahu, tempe), vitamin dan mineral (buah dan sayur) akan penuhi kebutuhan gizi harian kamu sehingga akan merasakan kenyang lebih lama. Selain itu, makan dengan jumlah yang baik dan benar juga bisa menghindarkan kamu dari makan berlebihan karena selalu merasa cepat lapar.

Melewatkan waktu makan juga akan berdampak buruk pada kesehatan. Karena, makan yang tidak teratur dapat menyebabkan terjadinya masalah terhadap insulin atau kadar gula dalam darah, sehingga memicu kadar gula darah menjadi tak terkendali yang dapat menyebabkan penyakit serius dalam jangka panjang, penyakit jantung, obesitas dan penyakit tidak menular lainnya loh girls. Sebaliknya apabila kamu makan tepat waktu berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan:

  1. Terhindar penyakit maag

Penyakit maag atau yang juga dikenal dengan tukak lambung adalah gejala penyakit pada lambung karena terjadi luka atau peradangan pada organ tersebut. Dalam hal ini, Mukosa (selaput lendir yang melapisi lambung) robek karena serangan asam lambung. Pola makan erat kaitannya dengan produksi asam lambung. Pola makan yang tidak teratur membuat lambung sulit beradaptasi. Jika ini berlangsung lama maka produksi asam lambung akan berlebihan sehingga dapat mengiritasi dinding mukosa pada lambung. Hal inilah yang menyebabkan rasa perih dan mual.

  1. Menjauhkan dari penyakit jantung

Selain pola makan yang tidak sehat, makan yang tidak teratur dan tidak tepat waktu juga memicu terjadinya penyakit jantung. Dalam hal ini, makan yang tidak teratur dapat merusak kondisi jantung. Sedangkan jika Kamu makan teratur dan tepat waktu makan bukan hanya kesehatan jantung yang terjaga namun beberapa penyakit lain yang juga mempunyai hubungan dengan penyakit jantung, seperti kolestrol dan tekanan darah tinggi bisa diredam dengan baik.

Banyaknya orang yang mengabaikan pola makan teratur dan tepat waktu menyebabkan penyakit ini tidak hanya menyerang orang tua atau orang kaya saja. Hal ini diperparah oleh kebiasaan banyak orang yang mengabaikan kandungan asupan makanannya. Karenanya, di seluruh dunia dan juga Indonesia penderita jantung semakin bertambah. Dengan demikian, tidaklah salah jika penyakit ini menempati posisi teratas sebagai penyakit penyebab kematian pada penderitanya.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Konsentrasi sangat dibutuhkan oleh setiap orang ketika sedang melakukan suatu aktivitas tertentu. Sebab dengan konsentrasi, suatu pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik. Karenanya, konsentrasi dibutuhkan oleh siapapun, konsentrasi dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik tanpa ada kesalahan atau kekeliruan yang dilakukan. Makan tepat waktu dan teratur sangat mendukung konsentrasi. Otak menggunakan glukosa untuk bekerja secara efisien apabila tidak ada cukup glukosa untuk digunakan otak, maka tubuh tidak dapat berkerja secara maksimal. Sehingga dalam keadaan lapar kamu tidak dapat berkonsentrasi dan aktivitas kamu akan terganggu. Selain makan tepat waktu dan teratur, zat gizi dalam makanan juga berpengaruh terhadap konsentrasi seseorang. Misalnya mengonsumsi protein, protein penting bagi kesehatan otak. Maka dari itu untuk meningkatkan konsentrasi kamu harus makan tepat waktu dan teratur serta perhatikan zat gizi makanan yang kamu konsumsi yaa.

Nahhh itulah beberapa alasan mengapa makan tepat waktu sangat penting. Tetapi untuk mengoptimalkan manfaatnya kamu tetap harus menjaga pola makan kamu ya Girls, hindari konsumsi makanan tinggi lemak, bersantan, makanan olahan dan minuman manis. Jangan lupa untuk tetap melakukan olahraga rutin minimal 30 menit perhari dan minum air putih 8 gelas perhari ya. Eits, jangan lupa juga untuk menjaga kualitas tidur kamu Semoga Bermanfaat.