WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Everyday

Tips Anti Melar, Meskipun Hobi Nongkrong di Coffeshop

Tips Anti Melar, Meskipun Hobi Nongkrong di Coffeshop
Kedai kopi kekinian saat ini bisa dijumpai dimana saja, tak heran banyak perempuan yang akhirnya gemar minum kopi atau sebatas berkumpul dengan teman saja di kedai kopi. Pilihan kopinya pun beragam, tapi ada ngga ya menu kopi yang kalorinya masih terkontrol? Kita simak tipsnya yuk!

 

Hi Girls, saat ini minuman kopi tak hanya enak dan kekinian, ternyata kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sekarang ini banyak perempuan sosialita maupun remaja yang minum kopi disaat berkumpul bersama keluarga atau teman bahkan saat sela-sela pulang kuliah atau kantor untuk mengobrol santai. Terlepas dari hilangnya penat dengan berkumpul di coffeshop, minum kopi yang pure tanpa ada tambahan, juga memiliki manfaat bagi kesehatan seperti tinggi antioksidan, mencegah diabetes melitius, mencegah penyakit Parkinson, dll.

Dengan akses dan banyaknya kedai kopi sekarang ini, tak heran bahwa minum kopi ini sudah menjadi tren gaya hidup di zaman sekarang. Kopi memiliki banyak sekali varian mulai dari kopi espresso, americano, latte atau bahkan kopi khas nusantara seperti kopi  toraja, ghayo, luwak, dan masih banyak lagi. Bahkan ada yang ditambahkan cake, sirup, whipping cream, serta gula, apakah dengan penambahan tersebut berdampak baik bagi kesehatan? Lalu, kopi seperti apa yang baik kita konsumsi saat berada di coffeshop?

  1. Pilihlah kopi hitam

Kopi sebenarnya memiliki kalori yang rendah, apabila kita tidak mencampurkan bahan pemanis seperti gula, sirup, whipping cream, dll kedalamnya. Tentunya bagi kamu yang menyukai kopi asli, Girls bisa menggunakan kopi hitam asli seperti americano, espresso, atau kopi khas nusantara lainnya. Untuk kopi tersebut biasanya hanya mengandung 5-10 kkal per 240ml.

  1. Hindari Whipping Cream

Di zaman yang semakin berkembang ini, tentunya banyak penjual kopi yang mengkreasikan kopi dengan tambahan whipping cream. Tak hanya membuat sensasi rasa yang enak dan manis, ternyata whipping cream cukup tinggi loh kalori dan lemaknya! Untuk 50 ml whipping cream mengandung sekitar 160 kalori dan 17 gram lemak. Cukup tinggi ya? Belum lagi jika kamu menambahkan sirup dan gula, kebayang kan kalori serta lemak dan gulanya pun akan meningkat. Sebagai contoh, menu kopi dengan whipping cream size grande mengandung sekitar 350-500 kkal. Jadi sebaiknya batasi konsumsi jenis kopi tersebut ya Girls!

  1. Pilihlah Pemanis yang baik dan Takarannya

Penambahan gula serta pemanis lainnya lebih baik dihindari. Karena, keduanya sama-sama dapat menambah cita rasa manis dan kalori yang tinggi. Untuk batasan konsumsi gula per hari tidak lebih dari 50g atau 4sdm. Apabila kamu menyukai manis, kamu bisa request ke barista dengan takaran yang less sugar atau menggunakan sweetner 0 kkal.

  1. Perhatikan Penggunaan Susu

Susu memang baik untuk kesehatan, namun kamu sebaiknya menghindari penggunaan susu kental manis karena kandungan kalori dan gulanya tinggi.

Untuk penggunaan susu, kamu bisa pilih yang biasa atau fresh milk tanpa tambahan susu kental manis. Sekarang ini, banyak kedai kopi yang menyediakan varian jenis susu seperti susu almond, susu low maupun non fat. Untuk kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan bisa me-request ke barista menggunakan susu low fat atau no fat.

  1. Perhatikan sizenya

Girls biasanya minum kopi berapa cangkir per hari? Umumnya kopi dikonsumsi saat pagi hari atau di sela-sela kegiatan, bahkan malam pun bisa konsumsi kopi. Untuk Batasan konsumsi kafein tidak lebih dari 300 mg sehari atau setara dengan 3 cangkir kopi. Setiap kopi memiliki kandungan kafein berbeda-beda, untuk 1 cangkir kopi rata-rata mengandung 100 mg kafein. Seperti makanan lainnya, segala sesuatu yang berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatan. Apabila kamu mengkonsumsi Kafein 500 – 600 mg/hr (5-6 cangkir) akan berdampak buruk pada kesehatan seperti insomnia, denyut nadi lebih cepat, osteoporosis dll. Maka dari itu, kamu perlu memperkirakan untuk konsumsi kopi per harinya ya!

Nah ternyata ada baiknya juga ya minum kopi bagi kesehatan, namun perlu diingat untuk pemilihan kopi beserta takaran dan additionalsnya ya Girls! Kira-kira kamu mau pilih kopi dan additionals yang seperti apa?

 

Sumber :

Liveina, Arini I G A 2015. “Pola Konsumsi Dan Efek Samping Minuman Mengandung Kafein Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana”, Vol 3 No 12. E-Jurnal Medika Udayana.

Sofiana, 2011. “1001 Fakta Tentang Kopi”. Yogyakarta Cahaya Atma Pustaka.