WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Everyday

Setelah Diet, Kok Nafsu Makan Bertambah?

Setelah Diet, Kok Nafsu Makan Bertambah?

Girls, siapa nih yang setelah diet nafsu makannya bertambah? Kok malah tambah nafsu makan sih? Terus gimana dong kalau maunya makan terus, gagal dong dietnya?

Meningkatnya nafsu makan setelah menjalani diet penurunan berat badan merupakan hal yang sering dialami banyak orang. Hal ini mungkin disebabkan karena perubahan kadar hormon pengatur nafsu makan. Ketika seseorang diet dengan mengurangi asupan kalori, tubuh akan berusaha menyeimbangkannya kembali dengan menstimulasi otak agar merasakan lapar.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Norwegian University of Science and Technology yang diikuti oleh 35 orang dewasa dengan obesitas parah, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hormon lapar atau yang disebut ghrelin. Seseorang dengan obesitas memiliki konsentrasi hormon ghrelin lebih rendah dibanding mereka yang tidak obesitas. Hal ini karena orang dengan obesitas mengalami gangguan sekresi beberapa hormon pengatur nafsu makan. Setelah penurunan berat badan, kadar hormon ghrelin akan meningkat. Hal ini dikarenakan tubuh mencoba untuk menormalkannya.

Tak hanya pada orang yang obesitas, umumnya kadar ghrelin akan meningkat pada orang yang menjalani diet penurunan berat badan. Ketika menjalani diet penurunan berat badan, umumnya orang akan mengurangi asupan kalori dari yang biasa dia makan. Kondisi ini akan memicu produksi hormon ghrelin, karena tubuh berpikir kamu sedang kelaparan. Meningkatnya kadar hormon ghrelin inilah yang memicu meningkatnya nafsu makan.

Selain itu, menurunnya kadar lemak dalam tubuh pada orang yang menjalani diet, biasanya diikuti dengan menurunnya hormon leptin atau hormon yang memberi sinyal kenyang. Kondisi ketika otak tidak mampu mengenali rasa kenyang ini dapat memicu seseorang untuk terus makan.

Bagaimana mengatasi nafsu makan yang meningkat pasca diet?

Meningkatnya nafsu makan setelah menjalani diet memang disebabkan faktor hormonal yang secara alami terjadi di dalam tubuh. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengatasinya girls. Berikut ada beberapa tips agar kamu bisa mengatasi nafsu makan yang meningkat:

1. Diet secara perlahan dan bertahap

Pengurangan asupan kalori secara berlebih saat menjalani diet dapat memicu meningkatnya nafsu makan. Maka dari itu, perubahan asupan perlu dilakukan secara perlahan agar tubuh mampu beradaptasi. Sebaiknya kurangi asupan kalori secara bertahap 200-500 kkal dari kebutuhan normal.

2. Perbanyak minum air putih

Banyak mengkonsumsi air putih dapat menekan rasa lapar, sehingga mengurangi dorongan untuk makan atau ngemil berlebih. Konsumsi air putih minimal 2 L (8 gelas) per hari.

3. Olahraga teratur

Rutin berolahraga bisa membantu menekan produksi hormon pemicu rasa lapar. Selain itu, olahraga juga bermanfaat agar kamu bisa mempertahankan tubuhmu tetap ideal setelah menjalani diet.

4. Konsumsi lebih banyak protein dan serat

Konsumsi makanan tinggi protein dan serat mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Namun, hindari pengolahan dengan penambahan minyak atau santan.

5. Jangan lewatkan sarapan

Kebiasaan melewatkan sarapan bisa menyebabkan nafsu makan meningkat di siang hari, sehingga makan berlebihan sulit dihindari. Selain itu, sarapan pagi penting agar kita memiliki cukup energi untuk siap beraktivitas.

Nah, itu dia girls penjelasannya. Jangan takut diet kamu gagal karena nafsu makan yang meningkat setelah diet yaa. Kamu masih bisa mengatasinya kok!! Semangat terus dietnya girls ????

Sumber: