WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Everyday

Nafsu Makanmu Mudah Berubah Saat Stress? Ini Penyebabnya!

Nafsu Makanmu Mudah Berubah Saat Stress? Ini Penyebabnya!
Ada beberapa cara yang biasanya dilakukan sebagai metode koping stress, salah satunya adalah dengan makan. Makan sebagai metode koping stress memiliki arti mengonsumsi makanan bukan karena merasa lapar, namun untuk memuaskan hasrat karena merasa tidak sanggup menahan beban yang terjadi atau disebut dengan emotional eating.

Girls, setiap orang pernah mengalami perasaan tertekan atau mengalami ketegangan yang dalam bahasa populernya dikenal dengan istilah stress. Sebab stress merupakan bagian dari kehidupan manusia, artinya bahwa manusia tidak akan pernah luput dari pengalaman merasakan ketegangan dalam hidupnya. Cara individu dalam menyikapi kondisi stress pun berbeda beda antara individu yang satu dan individu yang lainnya. Hal itu tergantung dari pengalaman yang dimiliki oleh setiap individu, kepribadiannya, dan kondisi lingkungan hidupnya.

Beberapa faktor yang diketahui dapat menyebabkan stress, antara lain adalah keluarga, sosial, emosional, akademik, dan keuangan. Salah satu golongan umur yang banyak mengalami stres adalah remaja nih girls.

Ada beberapa cara yang biasanya dilakukan sebagai metode koping stress, salah satunya adalah dengan makan. Makan sebagai metode koping stress memiliki arti mengonsumsi makanan bukan karena kamu merasa lapar, namun untuk memuaskan hasrat karena merasa tidak sanggup menahan beban yang terjadi atau disebut dengan emotional eating.

Emotional eating termasuk contoh perilaku makan tidak sehat yang dapat mempengaruhi kecukupan asupan zat gizi seseorang. Pada saat mengalami emotional eating, seseorang cenderung memilih makanan yang tinggi energi dan lemak. Apabila kebiasaan ini terus menerus dilakukan akan menyebabkan kenaikan berat badan secara signifikan sehingga kamu bisa menjadi overweight ataupun obesitas. Sebaliknya nih, ada beberapa orang yang apabila sedang dalam keadaan stress mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit atau bahkan tidak makan sama sekali. Apabila hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka akan mempengaruhi berat badan kamu ladies. Berat badan yang tidak dikontrol ini lah yang akan mempengaruhi keadaan status gizi.

Pada saat stress, akan terjadi pelepasan beberapa hormon yang mempengaruhi perilaku makan serta asupan zat gizi kamu. Perubahan hormon saat stress ini dapat  menyebabkan obesitas.Saat mengalami stress, tubuh akan mengeluarkan corticotrophin releasing hormone (CRH) yang bekerja dalam menekan rasa lapar.

Sehingga ketika stress melanda, tidak menutup kemungkinan seseorang akan mengalami perubahan prilaku makan dari yang biasanya. Stress bisa membuat prilaku makan kita menjadi selalu ingin makan terus dan bisa juga membuat kita tidak nafsu makan sama sekali. Jika seseorang ingin menjaga atau menurunkan berat badan, maka hal-hal negatif yang ada didalam pikiran harus teralihkan sehingga kita bisa terhindar dari stress ya girls.

Untuk mengurangi stress yang muncul dalam diri setiap individu, yang pertama dan utama adalah mengetahui penyebab timbulnya stress nih girls. Dengan mengetahui penyebabnya, itu akan mempermudah dalam menentukan cara mengurangi stress yang muncul pada diri kita.

Beberapa cara untuk mengurangi stress antara lain:

  • Beribadah atau mendekatkan diri kepada sang pencipta
  • Melalui pola makan yang sehat dan bergisi, hindari konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan gula yang tinggi karena itu bisa menambah timbunan lemak dalam tubuh girls
  • Memelihara kebugaran jasmani dengan berolahraga secara rutin
  • Latihan pernapasan dan relaksasi
  • Melakukan aktivitas yang menggembirakan seperti berlibur atau pergi ke tempat yang disukai
  • Menjalin hubungan yang harmonis dengan teman-teman dan lingkungan sekitar
  • Menghindari kebiasaan konsumsi alkohol, nikotin, kafeinsecara berlebihan yang akan membahayakan kondisi kesehatan
  • Merencanakan kegiatan harian secara rutin yang dapat mengalihkan pikiran kita terhadap stress
  • Memelihara tanaman dan binatangMenghindari diri dalam kesendirian

Nah itu dia penjelasan tentang stress yang dapat mempengaruhi prilaku makan kita nih ladies, jangan lupa juga untuk melakukan 10 tips diatas agar kita bisa mengelola emosi kita sehingga bisa mengurangi resiko mengalami stress.