WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Everyday

Minum Air Kelapa Disaat Pandemi, Efektifkah?

Minum Air Kelapa Disaat Pandemi, Efektifkah?

Di masa pandemi ini, banyak orang yang mencari cara agar terhindar dari virus yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuhnya. Ada yang memborong vitamin, susu, obat-obatan bahkan air kelapa. Beberapa media menyebutkan, air kelapa efektif untuk kesehatan paru-paru sebagai detoksifikasi. Faktanya, belum ada penelitian yang menyebutkan hal demikian. Namun, air kelapa sendiri dinilai bermanfaat bagi kesehatan untuk menghilangkan dehidrasi, mengembalikan cairan elektrolit, serta aman dikonsumsi oleh beberapa pengidap penyakit seperti tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Air kelapa memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi mereka yang sudah memiliki penyakit penyerta (komorbid) ketika mengalami Covid-19. Ada apa saja ya Girls kandungan di air kelapa tersebut?

  • Antioksidan yang tinggi

Dalam 1 buah air kelapa memiliki banyak kandungan salah satunya antioksidan yang dapat meningkatkan system imun. Ada penelitian terhadap tikus untuk mengukur manfaat antioksidan dari air kelapa, dan menunjukkan hasil yang baik untuk tikus yang terinfeksi E-Coli. Selain itu, pada 100 gr daging kelapa memiliki kandungan Vitamin C sebesar 6mg, sehingga memenuhi 8% kebutuhan Vitamin C harianmu.

  • Kalium yang tinggi sehingga aman untuk penderita Hipertensi

Kandungan kalium baik untuk melebarkan pembuluh darah. Jika sudah lebar, tentunya fungsi lapisan di pembuluh darah akan menjadi baik dan secara tidak langsung mencegah penyumbatan darah yang dapat berakibat stroke. Asupan kalium yang dianjurkan untuk mengontrol tekanan darah adalah +/- 4700 mg dan kandungan kalium pada 1 liter air kelapa adalah 1490 mg. Tak hanya itu, penderita hipertensi juga harus membatasi konsumsi natrium, di dalam 1 liter air kelapa mengandung natrium 100 mg. Itulah sebabnya minuman ini baik dikonsumsi pada penderita hipertensi.

  • Karbohidrat yang baik untuk Diabetes

Untuk diet diabetes adalah berfokus kepada kontrol asupan karbohidrat atau gula. Tentu diet yang dimaksud adalah rendah gula dan karbohidrat serta tinggi serat. Penelitian menyebutkan, air kelapa mampu meningkatkan kadar insulin plasma dan menurunkan kadar glukosa pada tikus yang memiliki diabetes melitus tipe 2. Hal ini didukung oleh kandungan di dalam air kelapa yang memiliki gula alami sehingga aman dikonsumsi diabetes. Dan serat yang tinggi yaitu 2,6 gr per 240 ml air kelapa yang juga baik untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

 

Meski memiliki banyak sekali nutrisi, tetap penuhi juga kebutuhan cairanmu dari konsumsi air putih ya Girls. Terkait air kelapa dalam pengobatan Covid-19 sendiri masih dibutuhkan penlitian lebih lanjut, jadi tetaplah bijak dalam mengonsumsinya dan menyaring informasi ya Girls.

 

Sumber :

Nova, Friday Super (2019) Pengaruh Air Kelapa Muda Terhadap Kadar Insulin Plasma, Glukosa Dan Malondialdehid (Mda) (Studi Eksperimen Pada Tikus Hamil Dengan Dm Tipe 2). Masters Thesis, Universitas Islam Sultan Agung. Http://Repository.Unissula.Ac.Id/Id/Eprint/16373

Zisca Rahma, dkk. 2010. UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA DAN ANTIOKSIDAN DARI MINUMAN PROBIOTIK HASIL FERMENTASI AIR KELAPA (Cocos nucifera). Jurnal Farmasi Galenika Volume 4 No. 1