WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Everyday

Manfaat Vitamin C Untuk Kulitmu

Manfaat Vitamin C Untuk Kulitmu
Kulit memiliki fungsi yang sangat penting untuk perlindungan organ tubuh bagian dalam terhadap berbagai rangsangan dari luar, baik rangsangan mekanis, kimia, maupun radiasi. Paparan sinar ultra violet terhadap kulit merupakan contoh rangsangan radiasi yang dapat mempengaruhi warna kulit kamu, bila berlebih akan muncul bercak-bercak coklat kehitaman, kering, dan warna kulit tidak merata. Kulit membutuhkan nutrisi seimbang untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Nutrisi ini meliputi protein, air, lemak tak jenuh atau lemak sehat, serta aneka vitamin. Diantara nutrisi tersebut, vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang sangat penting bagi kulit kamu.

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan dalam merawat kulit kamu agar sehat dan terlindung dari kerusakan. Manfaat vitamin C untuk kulit bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, suplemen atau dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C dan fungsi kulit sangatlah penting bagi tubuh kamu. Kulit merupakan organ yang esensial dan vital serta merupakan cermin kesehatan dan kehidupan. Kulit memiliki fungsi yang sangat penting untuk perlindungan organ tubuh bagian dalam terhadap berbagai rangsangan dari luar, baik rangsangan mekanis, kimia, maupun radiasi. Paparan sinar ultra violet terhadap kulit merupakan contoh rangsangan radiasi yang dapat mempengaruhi warna kulit kamu, bila berlebih akan muncul bercak-bercak coklat kehitaman, kering, dan warna kulit tidak merata. Kulit kamu membutuhkan nutrisi seimbang untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Nutrisi ini meliputi protein, air, lemak tak jenuh atau lemak sehat, serta aneka vitamin. Diantara nutrisi tersebut, vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang sangat penting bagi kulit kamu.

Vitamin C sering disebut sebagai asam askorbat dan termasuk jenis vitamin yang larut dalam air serta tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Sumber vitamin C alami selain jeruk, antara lain bisa diperoleh dari buah kiwi, mangga, pepaya, nanas, serta sayuran, seperti brokoli, paprika, cabai merah, dan tomat. Sementara sebagai pelengkap, kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin C yang bisa berupa tablet vitamin C kunyah, tablet yang dilarutkan dalam air pil, permen, maupun dalam bentuk suntikan. Namun untuk suplemen ini, kamu harus mengikuti dosis yang tepat sesuai saran dari dokter. Dosis suplemen vitamin C yang  dianjurkan, yakni 75 hingga 90 miligram. Perlu untuk diketahui jika mengalami infeksi maupun pasca pembedahan, kebutuhan vitamin C kamu akan meningkat karena untuk membantu proses penyembuhan lho.

Manfaat Vitamin C untuk Kulit 

  1. Mencegah Kerusakan Akibat Radikal Bebas

Vitamin C sebagai antioksidan bekerja menangkap radikal bebas yang ada di dalam kulit kamu. Molekul antioksidan berfungsi sebagai sumber hidrogen labil yang akan berikatan dengan radikal bebas. Dalam proses ini, antioksidan mengikat energi yang akan digunakan untuk pembentukan radikal bebas baru sehingga reaksi oksidasi berhenti. Secara tidak langsung, vitamin C dapat meredam aktivitas dengan cara mengubah tokoferol menjadi bentuk tereduksi, dengan kata lain antioksidan “mengorbankan dirinya” untuk teroksidasi oleh radikal bebas sehingga melindungi protein atau asam amino penyusun kolagen dan elastin dalam kulit kamu.

       2. Produksi Kolagen

Untuk kulit sendiri, manfaat vitamin C membantu tubuh kamu untuk memproduksi kolagen, yakni protein yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput, proses penyembuhan luka, memperlambat proses penuaan, mampu menjaga keremajaan, dan mencerahkan kulit. Dengan kata lain, vitamin C juga berperan dalam memperlambat penuaan pada kulit kamu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition meneliti hubungan antara nutrisi dan penuaan kulit pada 4025 wanita berusia 40-74 tahun. Ditemukan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dikaitkan dengan kemungkinan yang lebih rendah untuk masalah kulit, seperti keriput, kulit kering, dan penuaan kulit.

       3. Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Paparan Sinar Matahari

Kulit kamu bisa mengalami kerusakan jika terlalu sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Namun, kerusakan ini bisa dicegah berkat adanya vitamin C pada kulit. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa vitamin C yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang terbukti efektif dalam mencegah kerusakan dan mengurangi peradangan pada kulit kamu akibat paparan sinar matahari. Vitamin C juga diduga dapat membantu mencegah terbentuknya flek hitam pada kulit kamu lho.

       4. Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Semakin tua usia seseorang, maka kulitnya akan semakin rentan mengalami kerusakan. Jika terdapat faktor risiko lain, seperti sering terpapar sinar matahari dalam jangka panjang, maka kerusakan kulit tersebut bisa menyebabkan terjadinya kanker kulit. Berdasarkan suatu riset kesehatan, diketahui bahwa efek antioksidan dan antiradang pada vitamin C ternyata juga baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Efek ini juga diduga turut berperan dalam mencegah terjadinya kanker kulit. Karena banyak manfaat yang bisa diperoleh dari vitamin C untuk kulit, maka nutrisi ini penting untuk diperoleh secara rutin setiap hari.

      5. Mengatasi Peradangan Kulit

Peradangan pada kulit didasari oleh sejumlah kondisi seperti dermatitis atopik, psoriasis dan jerawat, dengan gejala termasuk rasa sakit, kekeringan, dan gatal. Oleh karena itu, perawatan untuk peradangan kulit ditargetkan pada kondisi yang mendasarinya dan pemeliharaan struktur epidermis kulit. Nah, nutrisi seperti vitamin C memainkan peranan yang sangat penting dalam kedua aspek tersebut. Vitamin C sering digunakan dalam formulasi anti-inflamasi, bahkan memiliki khasiat yang jauh melampaui kapasitasnya sebagai antioksidan inflamasi dalam lingkungan patologis.

Nah, itu dia girls beberapa manfaat dari vitamin C untuk kulit kamu. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa sumber vitamin C bisa kamu dapat tidak hanya pada buah saja namun beberapa suplemen dan kandungan vitamin C dari beberapa produk kecantikan pun dapat memenuhi kebutuhan asupan vitamin C untuk kulit cantikmu. Semoga bermanfaat ya !