WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Everyday

Makan Malam Bikin Gendut? Cek Mitos dan Faktanya Yuk !

Makan Malam Bikin Gendut? Cek Mitos dan Faktanya Yuk !

Apakah kamu salah satu orang yang takut gemuk sehingga selalu menghindari makan di malam hari? Ternyata belum tentu seperti itu lho girls. Lalu apa fakta sebenarnya ya? “Makan di malam hari dapat membuat tubuh menjadi gemuk” merupakan pernyataan yang telah lama didiskusikan, namun sampai saat ini masih diperdebatkan. Berbagai alasan yang menyebabkan orang yang makan di malam hari selain karena rasa lapar yang muncul pada malam hari, adalah karena ingin memuaskan nafsu makan yang bisa saja merupakan false hunger, menghilangkan stress, atau karena bosan. Biasanya orang yang makan larut malam karena ingin memuaskan nafsu makannya atau karena ingin menghilangkan stress cenderung memilih makanan ringan namun tinggi kalori. Mereka memang mengonsumsinya dalam jumlah sedikit, namun kalori yang terdapat dari snack tersebut sangatlah besar dan hal seperti inilah yang dapat menyebabkan kegemukan.

Beberapa mitos dan fakta seputar makan malam:

        1. Makan Malam Bikin Gemuk

Faktanya dalam hal ini, yang sangat berperan dalam menentukan apakah berat badan kamu meningkat, menurun, atau tetap adalah jumlah kalori yang dikonsumsi dalam sehari. Jadi bukanlah waktu atau jam makan yang paling menentukan. Kamu boleh saja memakan sekitar 20 – 30 % dari total kalori sehari kamu pada malam hari. Ketika kamu makan malam dan mengonsumsi makanan berkalori tinggi, lemak, dan gula yang berlebihan tanpa diimbangi aktivitas fisik yang seimbang, hal tersebutlah yang dapat mempengaruhi penumpukan lemak dan penambahan berat badan kamu.

       2. Setelah Makan Malam Tubuh Tidak Membakar Kalori

Faktanya tubuh kita itu bekerja setiap saat lho, termasuk dalam membakar kalori. Memang benar bahwa ketika tidur, tubuh membakar kalori lebih sedikit dibandingkan ketika beraktivitas, namun tidur yang berkualitas adalah salah satu faktor penentu dalam menjaga berat badan kamu ya.

     3. Makan Malam Tidak Boleh Lewat Jam 8

Faktanya memang benar bahwa makanlah secara teratur dan konsumsi 90 persen kalori sebelum jam 8 malam. Fase pencernaan terjadi pada jam 12 siang – 8 malam, jika diatas jam 8 malam dimana sistem pencernaandalam kondisi istirahat, sistem pencernaan berjalan lebih lambat dan dapat menimbulkan pepenumpukan lemak khusunya dibagian abdominal ( perut ).

     4. Makan Malam Tidak Wajib / Tidak Penting

Faktanya makan malam adalah asupan energi terakhir bagi tubuh karena tidak ada makan lagi setidaknya dari malam sampai waktu sarapan tiba. Maka tak hanya penentuan jam makan malam saja yang penting, pemilihan makan malam juga mempengaruhi kesehatan. Agar asupan kalori tak berlebihan, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung serat dan protein yang tinggi. Makanan tinggi serat terdapat pada sayuran dan buah. Makanan tinggi protein bisa didapatkan dari konsumsi tahu, tempe, ikan, ayam, telur dan daging. Makanan ini juga menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama di dalam tubuh kamu dibandingkan jika mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat pada malam hari.

Nah itu dia beberapa mitos dan fakta mengenai makan malam ya girls, kalian boleh makan malam asalkan porsi dan jenis makanan sesuai dengan kebutuhan kalori harian kamu ya. Semoga bermanfaat !