WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Everyday

Dikenal Dengan Sebutan “Power Nap”, Ternyata Metode Ini Bisa Mengembalikan Konsentrasi Kamu Loh!

Dikenal Dengan Sebutan “Power Nap”, Ternyata Metode Ini Bisa Mengembalikan Konsentrasi Kamu Loh!

Memasuki pukul 12.30 tentu menjadi tantangan tersendiri untuk kita yang melakukan aktivitas di luar rumah. Biasanya, setelah memasuki pertengahan hari seperti ini, tubuh kamu mulai meminta istirahat lewat rasa kantuk yang datang menghampiri. Apalagi saat berpuasa, rasa kantuk di jam jam makan siang tentu akan lebih tinggi, hal ini karena jam tidur kamu yang kurang serta tubuhmu mengalami penurunan kadar gula darah di dalamnya yang menyebabkan tubuhmu terasa lemas dan ingin beristirahat.

Biasanya, ketika rasa kantuk datang menyerang, tubuhmu akan lemas dan kehilangan fokus dalam berpikir. Hal itu bisa memicu terjadinya penurunan produktivitas kamu dalam bekerja lho. Walapun sedang berpuasa, pastinya kamu tetap memiliki jam istirahat dong di kantor untuk melaksanakan shalat, serta beristirahat sebentar untuk kemudian akan melanjutkan pekerjaanmu kembali. Nah, waktu istirahat tersebut bisa kamu manfaatkan untuk melakukan metode power nap.

Power nap adalah tidur singkat yang hanya berdurasi selama 10-20 menit. Aktivitas ini biasanya dilakukan saat istirahat makan siang atau di kala senggang di tengah pekerjaan. Selain untuk beristirahat, ternyata metode power nap ini memiliki manfaat sebagai berikut lho:

  1. Memberikan waktu istirahat untuk tubuhmu
  2. Meningkatkan kesehatan jantung
  3. Meningkatkan konsentrasi
  4. Meningkatkan daya ingat dan berpikir

Power nap bukanlah alasan untuk kamu bisa tidur kebablasan ya. Jangan menyalahartikan power nap sebagai kesempatan untuk bermalas-malasan. Faktanya, power nap hanya berdurasi 10-20 menit, tidak lebih dari itu. Sebab, jika power nap berlangsung hingga 30 menit lebih, maka malah kerugian yang akan kamu dapat. Sebuah studi membuktikan kalau power nap atau tidur singkat dengan durasi 30 menit lebih, malah bisa membuat seseorang terbangun dengan keadaan lesu dan tidak produktif. Tentu saja hal ini sangat berbahaya bagi karyawan kantoran atau mahasiswa yang dituntut untuk bekerja dengan kecepatan berpikir yang tinggi. Beberapa perusahaan besar seperti Google dan Nasa sudah menerapkan metode ini di dalam perusahaan. Nah, kamu bisa mencobanya di lingkungan kerja kamu ya saat jam istirahat tiba. Ingat, lakukan power nap tidak lebih dari 10-20 menit ya.

 

Sumber: The Effect of napping on cognitive functioning, Progress in Brain Research Vol. 185 Tahun 2010