WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Everyday

Love Yourself, Don't Let Anyone Bring You Down

Love Yourself, Don't Let Anyone Bring You Down
Akibat body shaming pada remaja tidak hanya terjadi secara psikologis, tetapi juga fisik. Remaja mulai berlomba untuk melakukan diet demi memperbaiki bentuk tubuhnya. Persoalannya adalah mereka sering memilih diet yang sembarangan, bahkan diet yang ekstrem untuk mengurangi berat badan. Padahal dari tindakan yang dilakukan itu secara tidak langsung dapat merusak atau menyakiti diri sendiri. Remaja perlu menyadari bahwa tubuh mereka adalah sesuatu yang sangat berharga dan harus dijaga, maka dari itu remaja perlu memahami cara mencintai diri sendiri atau istilah saat ini disebut self love.

Hi girls, pada era modern ini ditambah dengan perkembangan teknologi dan media komunikasi seperti internet, memunculkan berbagai tren yang berkembang pesat dimasyarakat. Terutama tren seputar gaya hidup dikalangan remaja diantaranya mengenai kecantikan, perawatan tubuh, dan seputar kesehatan. Maraknya penggunaan media sosial dikalangan remaja pun turut memunculkan banyak iklan atau akun seputar kecantikan, perawatan tubuh, maupun kesehatan. Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang mendorong para remaja untuk mengikuti tren agar tidak ketinggalan. Terkait soal tubuh, gaya hidup menjelma menjadi suatu komoditas dan dikonsumsi oleh mereka yang menganggap bahwa konsep perawatan tubuh sebagai suatu kesadaran.  

Dari tren seputar gaya hidup yang banyak berkembang dikalangan remaja, tidak sedikit yang kemudian memunculkan tindak perundungan bagi mereka yang tidak mengikuti atau dianggap masyarakat tidak sesuai dengan tren. Tindakan perundungan yang terjadi dalam hal ini terkait dengan tampilan fisik seseorang atau lebih dikenal dengan istilah body shaming. Contoh body shaming adalah penyebutan dengan gendut, pesek, cungkring, dan lain sebagai nya yang berkaitan dengan tampilan fisik.

Body shaming atau mengomentari kekurangan fisik orang lain tanpa disadari sering dilakukan orang-orang. Meski bukan kontak fisik yang merugikan, namun body shaming sudah termasuk jenis perundungan secara verbal atau lewat kata-kata. Bahkan dalam komunikasi sehari-hari tidak jarang terselip kalimat candaan yang berujung pada body shaming. Perilaku ini dapat menjadikan seseorang semakin merasa tidak aman dan tidak nyaman terhadap penampilan fisiknya dan mulai menutup diri baik terhadap lingkungan maupun orang-orang.

Bentuk tubuh sering menjadi isu yang tidak menyenangkan untuk dibicarakan di kalangan remaja. Khususnya ketika masa tumbuh kembang dia mengalami transisi seperti pubertas yang mempengaruhi bentuk tubuh, berat badan, dan penampilannya.

Akibat body shaming pada remaja tidak hanya terjadi secara psikologis, tetapi juga fisik. Remaja mulai berlomba untuk melakukan diet demi memperbaiki bentuk tubuhnya. Persoalannya adalah mereka sering memilih diet yang sembarangan, bahkan diet yang ekstrem untuk mengurangi berat badan. Padahal dari tindakan yang dilakukan nya itu merupakan suatu tindakan yang secara tidak langsung merusak atau menyakiti diri sendiri. Remaja perlu menyadari bahwa tubuh mereka adalah sesuatu yang sangat berharga dan harus dijaga, maka dari itu remaja perlu memahami cara mencintai diri sendiri atau istilah saat ini disebut self love.

Self love adalah sesuatu yang berbeda untuk setiap orang, karena kita memiliki banyak cara berbeda untuk menunjukkan bahwa kita mencintai diri sendiri. Pertanyaan sebenarnya adalah bagaimana untuk memulai self love? Berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan nih girls untuk mulai menerapkan self love.

       1. Ciptakan ritual self love

Matikan TV dan menjauhlah dari media sosial selama 15 menit untuk fokus pada me time. Kamu bisa menikmati me time dengan berbagai ritual yang kamu sukai, misalnya dengan melembapkan kulit untuk membuatmu merasa lebih baik. Bahkan kamu juga bisa memijat kakimu sebagai bentuk terima kasih karena selama ini menopang tubuhmu dan mengantarmu ke tempat yang harus kamu tuju. Ciptakan ritual yang benar-benar kamu sukai dan nikmati setiap prosesnya saat kamu sedang melakukannya.

        2. Buatlah daftar hal-hal positif dalam hidupmu

Kamu tentu sering mendengar bahwa untuk mencintai orang lain, kamu harus terlebih dahulu belajar mencintai diri sendiri. Tetapi untuk benar-benar mencintai sendiri terkadang kamu harus mengenali semua cinta yang ada di sekitarmu. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan saat merasa terpuruk adalah memberi waktu dirimu untuk sendirian dan menuliskan hal-hal positif dalam hidupmu. Setelah kamu selesai menulisnya dan membacanya kembali, itu akan membuatmu lebih mudah mencintai diri sendiri.

        3. Bangunlah komunitas yang berharga

Sebaik apa pun kamu melakukannya, kamu tidak akan bisa melakukan semuanya sendirian. Kamu membutuhkan dukungan dan cinta dari orang-orang di sekitarmu untuk tetap termotivasi dan berada di jalur yang seharusnya. Energi positif itu menular, jadi berada di sekitar orang-orang yang positif menjadi hal yang penting dalam memulai dan meningkatkan self love.

       4. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Kamu mungkin sedang mengalami hal-hal berat dalam hidupmu, sehingga melihat orang lain menjadi lebih baik dan lebih segalanya dari kamu. Ingatlah, berhentilah untuk membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain, karena setiap manusia diciptakan berbeda dengan keunikannya masing-masing. Membandingkan diri dengan orang lain hanya membuatmu fokus pada hal yang negatif, padahal ada begitu banyak hal lain yang harus disyukuri.

       5.Tubuhmu adalah sesuatu yang sangat berharga

Memperlakukan tubuhmu layaknya sesuatu yang berharga tidak hanya akan meningkatkan self love, tetapi juga energi positifmu. Jangan perlakukan tubuhmu hanya karena ingin terlihat baik atau ingin terlihat kurus di mata orang lain, tetapi lebih baik untuk dirimu sendiri. Makanlah makanan yang kaya nutrisi dan bergizi seimbang agar tubuhmu bisa selalu mengeluarkan energi positif dan penuh cinta.

Nah, setelah penjelasan di atas kita semua jadi tau ya ladies kalau body shaming itu sangat mempengaruhi psikis seseorang sehingga cara terbaik menghindari body shaming adalah dengan self love atau mencintai diri sendiri sehingga kita akan lebih bisa mensyukuri anugrah Tuhan yang telah diberikan kepada kita. Semoga bermanfaat :)