WRP Everyday

Anemia Saat Haid? Yuk Atasi Dengan Mengonsumsi 5 Jenis Makanan Ini

Girls saat kita sedang kedatangan tamu bulanan atau menstruasi tubuh memerlukan banyak nutrisi karena tubuh banyak mengeluarkan darah kotor, sel darah merah menjadi sedikit sehingga pengantaran oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh menjadi terganggu akibatnya tubuh akan menjadi lemas, letih, lesu, dan mudah lelah, gejala tersebut adalah gejala dari anemia alias kekurangan darah. Terkadang saat menstruasi kadar hormon menjadi tidak stabil dan hal ini juga membuat mood kita berubah-ubah sehingga sering kali kita ingin makan-makanan yang manis dan gurih seperti cokelat, kue manis, minuman manis, keripik, gorengan dan lain-lain dan sayangnya justru makanan ini tidak baik di konsumsi pada saat menstruasi. 
Lalu, makanan dan minuman apa saja sih yang dianjurkan saat kita menstruasi ? yuk kita simak penjelasan di bawah ini :

1. Makanan tinggi zat besi dan protein


 
Konsumsi makanan tinggi zat gizi dan protein seperti lauk hewani daging merah, ayam, ikan, hati, dan telur dapat membantu pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah dan berfungsi mengangkut nutrisi dan oksigen keseluruh tubuh, jika kamu cukup konsumsi makanan tinggi zat besi dan protein akan lebih terhindar dari gejala anemia. Selain dari sumber protein nabati zat besi juga bisa kamu dapatkan di kacang-kacangan dan olahannya, buah bit, sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, gandum atau sereal, nasi, buah plum, kismis, tomat dan kentang makanan tinggi zat besi akan mencegah kamu anemia saat datang bulan.

2. Buah tinggi vitamin C dan asam folat 


 
Pada umumnya buah-buahan kandungan utamanya adalah air, vitamin dan mineral. Nah pada buah-buahan biasanya juga sangat tinggi kandungan vitaminnya khususnya vitamin C contohnya seperti buah jeruk, lemon, jambu biji, pepaya, anggur, semangka, stroberi, nanas dan lainnya. Kandungan vitamin C dalam buah dapat membantu penyerapan zat besi semakin optimal di dalam tubuh, selain itu buah-buahan juga kaya akan mineral asam folat yang berfungsi untuk membantu tubuh membentuk sel darah merah baru. 

3. Makanan tinggi vitamin A dan kalsium


 
Wortel, tomat, ubi, pepaya, anggur, ikan dan hati ayam adalah sumber makanan tinggi vitamin A, mengkonsumsi makananan mengandung vitamin A dapat membantu tubuh untuk memproduksi dan membentuk sel darah merah baru, sehingga membuat kamu terhindar dari gejala anemia pada saat menstruasi. Makanan yang mengandung kalsium seperti susu, keju, ikan, kacang-kacangan dan sayuran hijau juga dapat membantu kamu mengurangi gejala PMS (Syndrome Pramenstruasi ) dan menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.    

4. Makanan tinggi serat 

Mengkonsumsi buah dan sayur serta seralia saat mentsruasi sangat di anjurkan, pasalnya makanan tersebut mengandung serat yang tinggi dan sangat dibutuhkan tubuh karena biasanya pada saat menstruasi kebanyakan wanita mengalami sembelit mengkonsumsi makanan tinggi serat dapat membantu memperlancar sistem pencernaanmu. 

5. Rempah-rempah/minuman tradisional

Jahe, kunyit, kencur, laos dan rempah-rempah khas indonesia lainnya yang biasanya di gunakan sebagai minuman herbal atau lebih dikenal masyarakat jamu ternyata minuman herbal ini mempunyai khasiat untuk meringankan gejala gangguan saat menstruasi loh girls, rempah-rempah mempunyai efek morfin bagi tubuh yaitu efek meringankan rasa sakit ketika nyeri haid. Cobalah ketika kamu sedang mengalami kram perut minum segelas jahe hangat dicampur dengan teh dan sedikit perasan lemon dan gula akan meringankan kram perutmu.

Nah, itulah makanan yang di anjurkan ketika kamu sedang menstruasi. Rutin mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan olahraga dapat memperlancar dan mencegahmu dari anemia pada saat menstruasi. Pastikan juga nutrisimu cukup ya girls agar datang bulanmu tetap sehat, semangat dan tidak terasa menyebalkan, okay.

WRP Admin

http://www.wrp-diet.com

WRP diet adalah nutrisi dalam bentuk susu diet untuk membentuk tubuh dengan berbagai pilihan rasa. Dapatkan tips dan cara diet sehat paling ampuh ala wrp.

Follow Me: