WRP Active

Waspada Covid – 19, Tingkatkan Imun Tubuh Dengan Makanan Ini

Covid-19 ini dapat di cegah dengan cara menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan dan menjaga etika batuk, selain itu kita juga perlu meningkatkan daya tahan tubuh kita dengan cara meningkatkan aktivitas fisik dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

 Ladies, saat ini Indonesia sedang memerangi pandemic virus Corona (Covid-19). Covid – 19 ini hampir sama  dengan penyakit flu biasa namun jika tidak di tangani dengan baik virus ini dapat mengakibatkan penyakit Pneumonia yang serius dan membuat kasus kematian di seluruh negara meningkat. Namun kita tidak perlu khawatir secara berlebihan,  pasalnya Covid-19 ini dapat di cegah dengan cara menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan dan menjaga etika batuk, selain itu kita juga perlu meningkatkan daya tahan tubuh kita dengan cara meningkatkan aktivitas fisik dan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Makanan memiliki kunci utama dalam meningkatkan daya tahan tubuh pasalnya makanan mengandung zat gizi makro dan mikro seperti vitamin dan mineral yang dapat memperkuat sistem imun kita. Nah, makanan apa saja sih ladies yang dapat meningkatkan sistem imun kita? Yuk kita simak ulasannya di bawah ini :

1. Sayur dan buah-buahan

Buah dan sayuran bewarna cerah banyak mengandung vitamin dan mineral khususnya vitamin A, B dan C. Vitamin A dapat membantu menangkal infeksi dan meningkatkan kemampuan aktivitas sistem kekebalan tubuh yakni dengan mengatur sel limfosit dan respon sitokin di dalam sistem imunitas tubuh kita. Kita bisa mendapatkan vitamin A dari sayuran dan buah-buahan seperti wortel, brokoli, bayam, ubi, labu, mangga, pepaya, pisang dan sayuran bewarna hijau gelap lainnya.

Vitamin B kompleks juga ternyata penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita lho. Contohnya vitamin B1 dan B2 yang berperan dalam perumbuhan dan perkembangan sel imun. kekurangan vitamin B1 dan B2 juga dapat mengganggu respon antibodi yang normal, vitamin B3 bertugas dalam mengatur sinyal sel imunitas tubuh kita, vitamin B5 berperan dalam meningkatkan produksi sel B dalam sistem imunitas kita. Dan vitamin B6 berperan sebagai pembentuk antibodi dalam sistem imunitas tubuh kita. Selain itu, kekurangan vitamin B6 terus-menerus juga dapat merusak fungsi sel T. Kita bisa mendapatkan vitamin B kompleks dari sayuran yang bewarna hijau gelap, kentang dan jamur kancing

Vitamin C merupakan antioksidan larut air yang mampu menghalangi patogen penyebab penyakit, meningkatkan fungsi imun dengan menstimulasi produksi interferon (protein yang melindungi sel dari serangan virus), membantu memproduksi sel darah putih untuk melawan infeksidan mampu menghilangkan senyawa oksigen reaktif atau radikal bebas dalam tubuh kita. Kita bisa mendapatkan sumber vitamin C dari jambu merah biji, pepaya, nanas, jeruk, lemon, kiwi, stoberi, tomat, sawi, kol, brokoli dan paprika.

2. Ikan

Ikan khususnya jenis ikan laut mengandung vitamin A, B, D, E, K yang berperan sebagai antioksidan tubuh. Ikan memiliki kandungan vitamin D

Kandungan Zink dan Seleniumnya dapat menjaga integritas membran sel tubuh. Integritas membran sel sangat di perlukan dalam sistem imunitas karena akan berkaitan dengan produksi sitokin, oleh karena itu Zink dan Selenium sangat di perlukan tubuh untuk meningkatkan sistem imunitas seluler, banyak penelitian mengungkapkan bahwa jika kita kekurangan Zink dan Selenium akan menurunkan produksi antibodi dalam tubuh kita.

Selain itu kandungan asam lemak omega 3 juga berperan dalam proses pembentukan membran sel, mengatasi peradarangan/infeksi dan mengatur respon imun dengan merangsang hormon prostaglandin. Kita bisa mengkonsumsi jenis ikan-ikanan yang ada di perairan indonesia seperti ikan bandeng, kembung, salem, patin dan lainnya.

3. Kacang - Kacangan 

Kacang-kacangan seperti kacang kedele, almond, edamame, hazelnut, kacang tanah, tahu, tempe dan lainnya mengandung tinggi vitamin E. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang paling kuat dalam memelihara integritas membran sel, intergitas membran sel ini sangat mempengaruhi fungsi imunitas terutama sel-sel imun dalam mengatur serta meningkatkan produksi sitokin sehingga sistem imunitas tubuh kita dapat melawan berbagai penyakit.

4. Rempah - Rempah 

Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, kayu manis dan sereh memiliki zat anti-peradangan alami (obat analgesik/pereda nyeri)kemudian rempah-rempah tersebut juga mengandung senyawa flavonoid yang berperan untuk melindungi sel dari radikal bebas. Selain itu rempah-rempah atau bumbu seperti kelompok bawang-bawangan memilki senyawa anti bakteri yang di sebut alin dan alicin yaitu senyawa aktif yang dapat membunuh bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh kita.

Nah ladies, itulah makanan yang mengandung zat gizi yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita. Zat gizi lain yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh kita adalah zat besi, folat, tembaga, prebiotik dan probiotik. Di anjurkan untuk mengkonsumsi 5-7 porsi sayuran dan buah-buahan agar memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bagi tubuh kita sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta terapkan pola makan bergizi seimbang agar tubuh kita semakin kuat melawan virus. Be Safe and Stay Healthy~

WRP Admin

http://www.wrp-diet.com

WRP diet adalah nutrisi dalam bentuk susu diet untuk membentuk tubuh dengan berbagai pilihan rasa. Dapatkan tips dan cara diet sehat paling ampuh ala wrp.

Follow Me: