WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Active

Tingkatkan Performa Olahraga dengan Konsumsi Jus Bit Yuk!

Tingkatkan Performa Olahraga dengan Konsumsi Jus Bit Yuk!

Ladies, apakah kamu tahu buah bit?

Bit termasuk ke dalam jenis tanaman umbi-umbian. Spesies bit berasal dari sebagian wilayah Mediterania dan Afrika Utara, dan penyebarannya hingga ke wilayah Eropa. Namun, saat ini bit sudah banyak ditemukan di berbagai wilayah termasuk di Indonesia. Kita dapat menjumpai buah bit dijual di berbagai supermarket ataupun online marketplace dengan harga yang cukup terjangkau mulai dari Rp 20.000,- hingga Rp 40.000,- per kilogram. Ada berbagai macam varietas buah bit, namun yang sering dijumpai dan dikonsumsi di Indonesia ialah bit merah.

Tahukah kamu si merah ini banyak manfaatnya loh, salah satunya ialah bisa membantu meningkatkan performa kamu dalam berolahraga? Kira-kira apa istimewanya kandungan bit sehingga bisa meningatkan performa olahraga ya?

Bit dan Kaitannya dengan Performa Olahraga

Bit (beta vulgaris) banyak digunakan sebagai sumber makanan, obat, dan sebagai suplemen ergogenik. Bit kaya akan sumber antioksidan, seperti vitamin C, karotenoid, asam fenolik, dan flavonoid, serta mengandung nitrat.

Bit merupakan salah satu makanan yang mengandung nitrat yang sangat tinggi (>250 mg/ 100 g). Nitrat merupakan bahan kimia yang secara alami terdapat dalam makanan tertentu. Setelah dikonsumsi, nitrat akan akan diubah menjadi oksida nitrat.

Mengonsumsi jus bit dapat meningkatkan kadar oksida nitrat di dalam tubuh. Penelitian menunjukkan oksida nitrat di dalam tubuh dapat meningkatkan aliran darah, meningkatkan fungsi paru, dan memperkuat kontraksi otot. Sehingga mengonsumsi jus bit bisa membantu meningkatkan ketahanan kardiorespiratori dan performa selama berolahraga.

Kebugaran kardioresipiratori sangat penting bagi atlet maupun orang dewasa yang aktif. Komponen kebugaran fisik ini mengacu pada kemampuan sistem peredaran darah dan pernapasan untuk memasok oksigen ke otot-otot yang bekerja selama latihan yang berkepanjangan. Oksida nitrat dari jus bit dapat membantu proses ini. Oksida nitrat bekerja dengan merangsang fungsi tubuh yang memengaruhi pemanfaatan oksigen dengan melebarkan pembuluh darah (vasodilatasi) sehingga aliran darah meningkat dan otot mendapatkan pasokan oksigen yang lebih banyak untuk bekerja.

Oksida nitrat juga berfungsi sebagai molekul sinyal yang berkomunikasi dengan sel dan jaringan tubuh. Komunikasi ini memastikan aliran darah ke otot lebih banyak dan otot mendapatkan pasokan oksigen yang cukup.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada atlet renang, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada ambang batas anaerobik perenang setelah mengonsumsi jus bit dibandingkan yang tidak mengonsumsi jus bit. Hal ini berarti meningkatnya kapasitas oksigen memungkinkan mereka berenang lebih lama setelah mengonsumsi jus bit.

Konsumsi 1 – 2 gelas jus bit setidaknya 2 – 3 jam sebelum olahraga, karena puncak nilai oksida nitrat terjadi dalam 2 – 3 jam setelah dikonsumsi.

Manfaat Lain dari Bit

Mengonsumsi bit atau jus bit tidak hanya bisa meningkatkan performa olahraga saja, tapi bit juga dikenal sebagai superfood yang bisa meningkatkan kesehatan. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi jus bit.

  • Menurunkan hipertensi

Kandungan nitrat yang tinggi pada bit bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Saat mengonsumsi bit atau jus bit, nitrat akan diubah menjadi oksida nitrat. Oksida nitrat merupakan vasodilator yang berfungsi melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah meningkat. Hal ini secara langsung memengaruhi tekanan darah di dalam pembuluh darah. Penelitian menunjukkan konsumsi 500 ml (sekitar 2 gelas) jus bit dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.

  • Mencegah Kanker

Bit mengandung antioksidan atau fitonutrien yang dapat membantu mengurangi risiko kanker. Penelitian pada manusia masih kurang, tetapi penelitian in vitri (tabung reaksi) menunjukkan bahwa ekstrak bit merah memiliki senayawa pelawan kanker yang serupa dengan beberapa obat anti-kanker. Betanin, yang merupakan pewarna makanan yang diekstraksi dari bit terbukti aktif secara biologis dapat mengurangi ukuran sel kanker payudara dan prostat. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait kandungan bit dan kaitannya dengan anti-kanker pada manusia.

  • Mengurangi Peradangan

Bit kaya akan kandungan betalain, yang merupakan fitonutrien yang membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh. Betalain berfungsi mengurangi aktivitas enzim tertentu yang dapat memicu peradangan.

Wah, ternyata konsumsi jus bit tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan performa olahraga, tapi juga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan mencegah risiko penyakit seperti hipertensi, kanker, serta dapat mengurangi peradangan.

Bagaimana ladies? Apakah kamu mau mencoba konsumsi jus bit?

Kami punya resepnya loh! Yuk kita simak resep berikut!

Membuat Jus Bit yang Sehat dan Menyegarkan

Porsi: 2 gelas (@240 ml/ gelas)

Bahan-bahan:

  • 1 bit ukuran besar, kupas dan potong menjadi lebih kecil
  • 1 buah jeruk ukuran sedang, kupas dan potong 4 bagian
  • 3 lembar kale
  • 1 buah apel ukuran sedang, potong menjadi lebih kecil
  • 1 buah wortel ukuran sedang, kupas dan potong-potong
  • 1 ruas jari jahe
  • Es batu (opsional)

Cara membuat:

1. Masukan semua bahan ke dalam juicer, namun jika tidak memiliki juicer kamu bisa menggunakan blender. Jika menggunakan blender, pertama-tama cincang kasar semua bahan. Kemudian masukan bahan yang lunak ke dalam blender dan proses hingga cair. Kemudian tambahkan sisa bahan lainnya, blender hingga cair. Kemudian saring bahan yang sudah di blender dengan kain saringan dengan cara memerasnya hingga ampas dan airnya terpisah.

2. Masukkan es batu ke dalam 2 gelas, kemudian tuangkan jus yang tadi sudah di haluskan ke dalam gelas.

Kandungan Gizi:

1 Gelas (240 ml) Jus Bit mengandung:

  • Kalori: 100 kkal
  • Protein: 2 g
  • Karbohidrat: 21 g
  • Serat: 1 g
  • Gula: 14 g
  • Vitamin A: 4000 IU
  • Vitamin C: 23 mg
  • Asam Folat: 269.7 mcg
  • Kalsium: 115.3 mg
  • Zat besi: 2.2 mg
  • Magnesium: 76.4 mg
  • Kalium: 511 mg
  • Natrium: 94 mg
  • Tiamin: 0.2 mg

Nah ladies, gampang kan cara membuatnya?

Jika kamu ingin meningkatkan performa selama berolahraga, kamu bisa mengonsumsi 1 – 2 gelas jus bit sekitar 2 – 3 jam sebelum berolahraga untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

 

Sumber:

  • Domínguez, R., Cuenca, E., Maté-Muñoz, J., García-Fernández, P., Serra-Paya, N., Estevan, M., Herreros, P. and Garnacho-Castaño, M., 2017. Effects of Beetroot Juice Supplementation on Cardiorespiratory Endurance in Athletes. A Systematic Review. Nutrients, 9(1), p.43.
  • Eatingwell.com. (2013). Ginger-Beet Juice. [online] Tersedia di: <https://www.eatingwell.com/recipe/252665/ginger-beet-juice/> [Diakses pada 6 September 2021].
  • Pinna, M., Roberto, S., Milia, R., Marongiu, E., Olla, S., Loi, A., Migliaccio, G., Padulo, J., Orlandi, C., Tocco, F., Concu, A. and Crisafulli, A., 2014. Effect of Beetroot Juice Supplementation on Aerobic Response during Swimming. Nutrients, 6(2), pp.605-615.
  • Tubagus, A. (2017). Analysis of Benefits of Plant Cultivation Producing Substance Sweetener (sugar) Bit (Beta vulgaris, L) Organic Farming. Munich Personal RePEc Archive Paper. (82987).
  • Verywellfit.com. (2020). How Does Beet Juice Improve Athletic Performance?. [online] Tersedia di: <https://www.verywellfit.com/how-does-beet-juice-improve-athletic-performance-4123855> [Diakses pada 6 September 2021].