WRP Active

Siapa Bilang Olahraga Itu Susah Buat Dijalankan?

Olahraga berperan penting dalam menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Namun yang membuat orang malas untuk melakukan olahraga adalah kurangnya motivasi dari diri sendiri dan lingkungan luar. Cara terbaik untuk terus termotivasi adalah dengan membiasakan diri dengan jadwal olahraga rutin dan tetapkan target yang ingin kamu capai. 
Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar selalu ter motivasi dalam menjalankan olahraga.

1. Tetapkan target yang realististis.
Agar motivasi kamu tidak kendur, maka yang harus dilakukan adalah tetapkan target awal mu berapa. Misalnya, jika ingin menurunkan berat badan sebanyak 10 kg dan menargetkan hal itu terlaksana dalam waktu 2-3 bulan.

Banyak pemula biasanya ingin hasil instan yang maksimal. Akan tetapi mereka cenderung kewalahan karena memaksakan diri untuk berolahraga selama 1 hingga 2 jam per hari.
Sayangnya, memaksakan olahraga seperti itu hanya membuat motivasi untuk berolahraga semakin lama makin melemah. Ini disebabkan karena tubuh merasakan kelelahan dan rasa capek yang dirasakan. Disarankan untuk pemula menargetkan jadwal olahraga yang lebih masuk akal dan terjangkau oleh kemampuan kita, seperti berolahraga 2 sampai 3 kali seminggu selama 20 – 30 menit. 

2. Buat list olahraga yang dilakukan.
Agar motivasi untuk berolahraga tidak kendur, coba untuk di list olahraga yang bisa dilakukan dari hal yang sederhana. Bisa dibuat dalam bentuk jurnal online atau di buku catatan. Kamu bisa menuliskan kemajuan dari hari ke harinya, berapa banyak kamu melakukan sit up, berapa centimeter lingkar pinggang yang menyusut, atau bahkan berapa kilogram berat badan hilang dalam jangka waktu yang sudah kamu targetkan. Ini akan memotivasi kamu untuk terus berolahraga.

3. Tidak apa jika 1-2 kali bolos olahraga.
Tidak bisa dipungkiri bahwa kamu pasti bolos satu sampai dua kali dari jadwal yang sudah kamu buat. Jika kamu mengetahui bahwa kamu pasti akan “bolos” berolahraga 1-2 kali, maka bersikaplah realistis, jangan merasa bersalah. Dengan begitu, mental kamu akan lebih siap menerimanya, dan bukannya malah menjadikannya alasan untuk menyerah dan malas berolahraga.

4. Fokus pada diri sendiri. 
Saat olahraga, akan selalu ada orang lain yang lebih bugar atau lebih cepat turun berat badannya. Jangan suka membandingkan diri kamu dengan orang lain. Jangan sampai orang lain  menghalangi pencapaian target mu. Fokus pada tujuan, kemajuan dan yang pasti diri kamu sendiri.

5. Minta dukungan orang sekitar
Agar olahraga kamu tetap bisa dijalankan seacara rutin, minta motivasi dari teman, keluarga, pasangan, rekan kerja, yang akan menyemangati kamu untuk terus maju. Minta mereka untuk terus mendukung pola hidup sehat mu.

6. Tidak harus selalu ke gym. 
Ketika jadwal kamu terlalu padat, tidak perlu habiskan waktu bermacet-macetan di jalan menuju lokasi gym. Kamu masih bisa olahraga dirumah kok, cukup manfaatkan gadget yang ada dan gunakan video latihan di YouTube. Setidaknya kamu tetap bisa membakar kalori dan berolahraga rutin meskipun tidak harus ke pusat kebugaran.

7. Beri reward kepada diri sendiri
Bila target olahraga kamu hampir terpenuhi atau sudah berhasil tercapai, beri reward atas keberhasilan yang telah kamu peroleh. Pikirkan hadiah apa yang paling kamu ingin berikan ke diri sendiri sebagai motivasi olahraga.

Mudah bukan? Mulai sekarang yuk tingkatkan semangatmu dalam menjalankan olahraga, agar tubuhmu sehat selalu. 

WRP Admin

http://www.wrp-diet.com

WRP diet adalah nutrisi dalam bentuk susu diet untuk membentuk tubuh dengan berbagai pilihan rasa. Dapatkan tips dan cara diet sehat paling ampuh ala wrp.

Follow Me: