WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Active

Segudang Manfaat Jika Kamu Rutin Berolahraga

Segudang Manfaat Jika Kamu Rutin Berolahraga

Manfaat olahraga dapat diibaratkan sebagai "keajaiban" bagi kesehatan tubuh, apalagi jika kamu rutin melakukannya. Ditambah lagi karena sudah banyak penelitian yang mampu membuktikan kebenarannya. Olahraga didefinisikan sebagai gerakan yang membuat otot kamu bekerja dan memaksa tubuh untuk membakar kalori. Ada banyak jenis aktivitas fisik dalam olahraga, termasuk berenang, berlari, berjalan, menari, angkat beban dan lainnya. Menjadi aktif telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Semua aktivitas yang mengharuskan otot bergerak dan terbakarnya kalori dari dalam tubuh adalah olahraga! Tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak berolahraga ya ladies. Maka dari itu, kenalilah segudang manfaat olahraga untuk kesehatan kamu jika rutin dilakukan.

1. Menjaga Berat Badan

Manfaat olahraga yang pertama adalah menjaga berat badan yang ideal. Ketahuilah, berat badan berlebih atau obesitas mampu menjadi penyebab berbagai macam penyakit kronis. Dengan melakukan olahraga secara teratur, kamu bisa menjaga berat badan kamu sehingga berbagai penyakit tidak mudah datang. Manfaat olahraga yang satu ini dapat dirasakan karena saat otot bergerak, kalori akan terbakar. Apalagi jika kamu melakukan olahraga yang memiliki intensitas tinggi, seperti lari ataupun olahraga angkat beban, asalkan dilakukan secara benar dan konsisten.

2. Mencegah Penyakit Kronis

Tidak peduli dengan berat badan kamu sekarang, olahraga secara rutin akan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Sebab, melakukan olahraga bisa menjaga lancarnya aliran darah, sehingga penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dapat dihindari. Selain penyakit jantung, ada banyak penyakit mengerikan lain yang bisa dihindari dengan manfaat olahraga, seperti stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, depresi, gangguan kecemasan, berbagai macam jenis kanker, dan nyeri sendi. Jadi, kamu tidak punya alasan lagi untuk menunda berolahraga ya!

3. Memperkuat Tulang dan Otot

Manfaat olahraga selanjutnya adalah dapat memperkuat tulang dan otot kamu lho. Bagi kamu yang masih muda, mungkin masalah tulang dan otot bukanlah kondisi utama yang harus dikhawatirkan. Namun bagi orang yang sudah lanjut usia, masalah tulang dan otot adalah masalah yang harus dihindari. Jangan sampai terlambat, mulailah berolahraga walaupun usia kamu masih muda untuk mencegah kelemahan tulang dan otot di usia tua. Ketahuilah, berolahraga juga bisa menjaga kepadatan tulang dan kekuatan otot kamu, sehingga di usia tua nyeri tulang dan otot dapat dihindari.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Suasana hati yang tidak baik bisa mengganggu aktivitas sehari-hari kamu lho. Namun tenang saja, berolahragalah secara rutin, maka suasana hati kamu bisa diperbaiki. Jika tidak ada waktu untuk angkat beban di gym, berlatihlah di rumah dan lakukan olahraga bersama teman atau keluarga. Sambil menghirup udara segar, aktivitas fisik ini bisa merangsang berbagai hormon kebahagiaan (serotonin) di dalam otak, sehingga suasana hati pun akan menjadi lebih baik. Lebih dari itu, manfaat olahraga juga bisa meningkatkan rasa percaya diri, karena penampilan fisik tubuh kamu menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan Energi

Manfaat olahraga ini pastinya dibutuhkan oleh mereka yang seringkali merasa lesu. Ya, meningkatkan energi adalah salah satu manfaat olahraga yang tentunya dibutuhkan tubuh kamu. Sebab, oksigen akan “terdistribusi” dengan baik ke dalam jaringan tubuh, sehingga jantung akan bekerja lebih baik. Saat kesehatan jantung dan paru-paru terjaga, maka energi pun akan bertambah!

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga yang teratur dapat membantu kamu rileks dan tidur lebih baik atau lebih nyenyak. Dalam hal kualitas tidur, penipisan energi yang terjadi selama latihan merangsang proses penyembuhan selama tidur. Selain itu, peningkatan suhu tubuh yang terjadi selama latihan dianggap meningkatkan kualitas tidur dengan membantu menurunkannya selama tidur. Banyak penelitian tentang efek olahraga pada tidur telah mencapai kesimpulan yang sama. Sebuah studi menemukan 150 menit aktivitas intensitas tingkat sedang hingga tinggi per minggu dapat meningkatkan kualitas tidur hingga 65 persen. Penelitian lain menunjukkan beraktivitas fisik selama 16 minggu meningkatkan kualitas tidur dan membantu 17 orang penderita insomnia untuk tidur lebih lama dan lebih dalam daripada kelompok kontrol. Akibatnya, membantu mereka merasa lebih bersemangat di siang hari. Terlebih lagi, melakukan olahraga yang teratur juga bermanfaat bagi para lansia, yang cenderung terpengaruh oleh gangguan tidur. Kamu bisa fleksibel dengan jenis latihan yang kamu pilih, seperti latihan aerobik saja atau latihan aerobik yang dikombinasikan dengan latihan resistensi sama-sama dapat membantu kualitas tidur.

7. Meningkatkan Kesehatan Seksual

Olahraga telah terbukti meningkatkan gairah seks yang dibutuhkan oleh pasangan suami istri. Melakukan olahraga yang teratur dapat memperkuat sistem kardiovaskular, meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan otot, dan meningkatkan fleksibilitas. Itu semua dapat meningkatkan kualitas kehidupan seks kamu. Aktivitas fisik dapat meningkatkan kinerja seksual dan kenikmatan seksual, serta meningkatkan frekuensi aktivitas seksual. Sekelompok wanita berusia 40-an mengamati bahwa mereka mengalami orgasme lebih sering ketika mereka menjalani latihan olahraga berat, seperti lari cepat, dan latihan beban. Selain itu, di antara 178 pria sehat, pria yang melaporkan lebih banyak jam olahraga per minggu memiliki skor fungsi seksual yang lebih tinggi.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit kamu dapat dipengaruhi oleh jumlah stres oksidatif dalam tubuh kamu. Stres oksidatif terjadi ketika pertahanan antioksidan tubuh tidak dapat sepenuhnya memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas pada sel. Hal ini dapat merusak struktur internal mereka dan merusak kulit kamu. Meskipun aktivitas fisik yang intens dan melelahkan dapat berkontribusi terhadap kerusakan oksidatif, olahraga moderat secara teratur dapat meningkatkan produksi antioksidan alami tubuh kamu, yang membantu melindungi sel kulit. Dengan cara yang sama, olahraga dapat merangsang aliran darah kamu dan menginduksi adaptasi sel kulit yang dapat membantu menunda penuaan kulit kamu.

9. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Manfaat olahraga untuk otak sangatlah banyak. Pertama, saat berolahraga, jantung akan berdetak lebih kencang, sehingga aliran darah ke otak pun akan lancar. Selain itu, manfaat olahraga bisa merangsang produksi hormon yang mampu meningkatkan pertumbuhan sel otak. Dalam beberapa penelitian, manfaat olahraga terbukti bisa menghambat perubahan di otak yang diakibatkan oleh penyakit alzheimer atau skrizofrenia lho.

10. Menambah Teman

Manfaat olahraga yang juga tidak boleh disepelekan ialah menambah teman. Dengan berolahraga, jiwa sosialisasi pun meningkat, sehingga berbagai gangguan mental seperti stres juga dapat diatasi. Olahraga santai seperti naik gunung atau jalan-jalan menikmati alam bebas tidak hanya dapat meningkatkan mood tetapi juga menyenangkan kehidupan sosial. Olahraga juga dapat membantu kamu terhubung dengan keluarga atau teman dalam lingkungan sosial yang menyenangkan.

Nah itu dia ladies segudang manfaat yang kamu rasakan jika kamu melakukan olahraga secara benar dan rutin ya. Semoga bermanfaat !