WRP Active

Sedang Berpuasa, Masa Iya Harus Olahraga Lagi? Begini Penjelasannya

Banyak orang yang tetap melakukan olahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap bugar di bulan Ramadan. Olahraga memang membawa pengaruh positif pada tubuh, antara lain untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Namun, bagaimana cara menjalankan olahraga yang baik di bulan Ramadan?

Bulan Ramadan adalah bulan yang paling di nanti oleh umat Muslim karena dianggap sebagai bulan yang penuh berkah dan rahmat. Selain waktu makan, makanan yang dimakan saat bulan Ramadan biasanya berbeda dari biasanya karena terdapat tradisi makan makanan tertentu yang hanya ada di bulan Ramadan, seperti kolak, kurma, dan es blewah. Perubahan pola makan ini dapat mempengaruhi fungsi tubuh.

Banyak orang yang tetap melakukan olahraga untuk menjaga kondisi tubuhnya tetap bugar di bulan Ramadan. Olahraga memang membawa pengaruh positif pada tubuh, antara lain untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat. Namun, bagaimana cara menjalankan olahraga yang baik di bulan Ramadan?

Prinsip olahraga yang dilakukan pada saat berpuasa adalah pemeliharaan tubuh agar tetap sehat dan bugar. 

Artinya harus mampu melancarkan aliran darah dan melenturkan otot-otot, jantung lebih aktif dan zat asam oksigen lebih banyak terhirup sebagai proses metabolisme tubuh.
Olahraga pada saat puasa dapat dilakukan dengan intensitas 40% hingga 50% lebih sedikit dari zona latihan yang biasa dilakukan. Cukup olahraga ringan seperti senam ringan, jalan dan jogging selama 20-30 menit. 

Adapun waktu pelaksanaan olahraga yang dianggap tepat yakni: 
1) saat menjelang buka puasa, 
2) Usai shalat tarawih,
3) Menjelang sahur. 

Latihan seperti yoga, pilates dan body balance lebih tepat dilakukan saat berpuasa. Karena selain intensitas rendah, latihan tersebut juga memiliki manfaat bagi pikiran dan jiwa. Menu makanan saat sahur tentunya harus memenuhi kebutuhan gizi, yaitu komposisi karbohidrat, proteindan lemak harus seimbang. 

Olahraga merupakan kebutuhan pokok manusia, dengan olahraga secara teratur, maka kebugaran tubuh akan meningkat. Olahraga teratur juga meningkatkan stamina atau daya tahan tubuh, rasa percaya diri dan daya ingat yang semakin kuat, mengurangi stress, kemampuan seksual dan memperlancar peredaran darah. Selain itu meningkatkan kolateralisasi, yaitu berkembangnya pembuluh darah kecil atau mikrosirkulasi di jantung, ginjal dan organ lainnya, sehingga mengurangi resiko serangan jantung.

Meskipun memiliki berbagai keterbatasan selama berpuasa, bukan berarti aktivitas kita hanya diisi dengan tidur atau bermalas-malasan. Agar tetap bugar, olahraga sebaiknya tidak ditinggalkan ya ladies. 

Source : Medikora Vol. V, No. 1, April 2009: 92-101

 

WRP Admin

http://www.wrp-diet.com

WRP diet adalah nutrisi dalam bentuk susu diet untuk membentuk tubuh dengan berbagai pilihan rasa. Dapatkan tips dan cara diet sehat paling ampuh ala wrp.

Follow Me: