WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Active

Mau Jantung Kamu Tetap Sehat? Ini Dia Caranya !

Mau Jantung Kamu Tetap Sehat? Ini Dia Caranya !

Ladies, seperti yang diketahui bersama bahwa olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh termasuk jaringan dan organ vital tubuh, tidak terkecuali jantung. Jantung sendiri merupakan salah satu organ vital tubuh yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Saking vitalnya, jantung juga berperan sebagai alat transportasi dalam tubuh kamu yang bertugas untuk membawa nutrisi dan oksigen ke organ-organ tubuh sekaligus mengangkut zat-zat sisa.

Jantung yang kuat dapat memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih efisien, hal ini membuat jantung tidak harus bekerja sekeras biasanya. Kuatnya gerak detak jantung bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi lho. Untuk mendapatkan jantung yang sehat, kamu disarankan untuk berolahraga sesering mungkin dalam seminggu. Semakin sering kamu berolahraga, maka hasil yang didapatkan pun semakin baik. Namun perlu dingat bahwa olahraga yang menyehatkan bukan hanya menggerakkan tubuh saja, bukan pula sekedar mengeluarkan keringat. Berikut ini adalah beberapa jenis aktifitas fisik atau olahraga yang menyehatkan untuk jantung:

      1. Senam Jantung

Senam jantung adalah olahraga yang baik untuk kesehatan jantung yang bertujuan merawat jantung dan pembuluh darah. Senam jantung  juga merupakan olah raga yang disusun dengan selalu mengutamakan kemampuan jantung, gerakan otot besar dan kelenturan sendi, agar dapat memasukkan oksigen sebanyak mungkin ke dalam tubuh. Olahraga ini berfokus pada tiap gerakan untuk menjaga dan meningkatkan performa jantung, juga bermanfaat menormalkan denyut nadi dan memperlancar aliran darah di tubuh.

      2. Berenang

Olahraga renang sangat bermanfaat untuk menunjang kebugaran jantung dan pembuluh darah. Selain itu, berenang juga melatih dan memperkuat otot jantung sehingga kinerja jantung untuk memompa darah bisa lebih optimal. Renang membantu melancarkan sirkulasi jantung saat memompa darah dan mengirimkannya keseluruh bagian tubuh. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang-orang yang rutin latihan renang selama 12 minggu memiliki peningkatan pada jumlah darah yang dipompa/stroke volume sebesar 18 %.

       3. Lari

Olahraga lari ini sangat membantu untuk merangsang aliran darah di tubuh sehingga sirkulasi darah jadi lebih lancar. Jika aliran darah lancar, maka kinerja jantung tidak akan terbebani dan ritme jantung akan tetap normal. Lari juga dapat memperkuat jantung sehingga mampu memompa lebih banyak oksigen ke tubuh. Dengan melakukan olahraga lari, kamu membantu jantung untuk beraktivitas lebih efisien. Menurun beberapa penelitian, rutin berolahraga lari dapat menurunkan risiko penyakit jantung, termasuk risiko serangan jantung.

      4. Bersepeda

Meskipun terlihat menyenangkan, ternyata dengan bersepeda selama 30-60 menit sehari kamu bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung akibat dari stress dan memperkuat kinerja otot jantung. Pada saat mengayuh sepeda, seluruh otot tubuh turut bekerja termasuk otot jantung. Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah kamu. Hal ini dibuktikan dalam studi di Denmark yang menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.

      5. Yoga

Saat melakukan yoga, ada tiga macam teknik yakni peregangan, pernapasan dan relaksasi. Ketiga teknik tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung kamu. Yoga telah lama dikenal dapat menurunkan tekanan darah dan memperlambat detak jantung. Detak jantung yang lebih lambat dapat memberi manfaat bagi orang-orang dengan tekanan darah tinggi atau penyakit jantung, serta bagi orang-orang yang mengalami stroke.

Nah ladies, itu dia beberapa aktifitas fisik atau olahraga yang dapat menyehatkan jantung kamu. Namun agar kamu mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa melakukan beberapa aktifitas fisik di atas secara rutin. Semoga bermanfaat !