WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Active

Cara Mudah Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Cara Mudah Tingkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme adalah proses kimia yang terjadi saat tubuh mengubah makanan menjadi energi. Keseluruhan proses kimia ini secara berkelanjutan menghasilkan dan membakar energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas, bernafas, berpikir, hingga untuk melakukan aktifitas sehari – hari ya ladies. Agar kalori dalam makanan bisa menghasilkan energi, maka nutrisi di dalamnya perlu dipecah sehingga bisa diserap oleh tubuh. Sebagai contoh, protein akan dipecah menjadi asam amino dan karbohidrat dipecah menjadi glukosa. Proses pemecahan nutrisi ini juga termasuk dalam proses metabolisme yang membutuhkan energi juga ya ladies.

Pada orang dengan laju metabolisme yang tinggi, pembakaran kalori di dalam tubuh terjadi lebih cepat dan lebih banyak lho. Semakin tinggi laju metabolisme tubuh, semakin banyak pula kalori yang dibakar sehingga tidak terjadi penimbunan kalori dalam bentuk lemak. Itulah sebabnya, meningkatkan metabolisme dapat membantu penurunan berat badan kamu ladies.

Ladies, berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa kamu lakukan agar tubuh kamu membakar lebih banyak kalori ya:

   1. Tidur yang Cukup

Ladies, kurang tidur dapat mengurangi jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh kita, meningkatkan hormon stress yang bisa meningkatkan penimbunan lemak, serta memicu rasa lapar juga lho. Inilah alasan mengapa orang yang kurang tidur mudah merasa lapar sehingga sulit menurunkan berat badan karena kesulitan mengontrol pola makan.

     2. Sering Bergerak dan Rutin Olahraga

Kebiasaan jarang bergerak atau kurang olahraga bisa menyebabkan metabolisme melambat ya ladies. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk rajin berolahraga dan aktif bergerak agar metabolisme tubuh kamu meningkat sehingga tubuh dapat membakar lebih banyak kalori. Jenis olahraga yang dapat membuat tubuh kamu aktif bergerak adalah olahraga kardio, seperti lari, berenang atau senam aerobik. Kamu juga bisa melakukan olahraga dalam bentuk permainan, seperti basket, voli, atau bulu tangkis, agar lebih menyenangkan.

      3. Sarapan Tepat Waktu

Jangan pernah menunda makan pagi atau sarapan kamu ya ladies. Pakar kesehatan tidak menyarankan kamu melewatkan waktu serta menu sarapan hanya karena terlalu sibuk dengan rutinitas di pagi hari. Asupan makanan bergizi yang kaya serat di pagi hari terbukti ampuh meningkatkan metabolisme di dalam tubuh kamu. Waktu sarapan yang efektif dan baik untuk tubuh adalah antara jam 6 - 9 pagi, dan mulailah sarapan untuk memberikan energi demi menjalankan aktivitas harian kamu ya.

      4. Cemilan Sehat atau Midmorning

Midmorning adalah waktu antara pukul 09.30 hinggaa pukul 10.30 pagi, dan bedakan persepsi camilan biasa dengan camilan sehat di waktu midmorning. Secara pasti kebiasaan ini bisa menurunkan berat badan, namun dengan catatan pastikan memilih makanan sehat yang rendah kalori dan rendah lemak, berserat dan bergizi seimbang. Pilihan terbaik adalah mengandung protein dan antioksidan tinggi demi peningkatan fungsi metabolisme tubuh kamu agar lebih maksimal.

      5. Perbanyak Asupan Protein

Tubuh membutuhkan banyak energi untuk mengolah protein menjadi asam amino, sehingga protein tersebut bisa diserap oleh tubuh. Inilah alasan mengapa memperbanyak asupan protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lebih banyak kalori pada tubuh kamu. Selain itu, makanan tinggi protein juga membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan menekan nafsu makan, sehingga bisa membantu kamu dalam menjaga berat badanmu ladies.

      6. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara meningkatkan metabolisme tubuh yang cukup sederhana adalah dengan minum air putih lho. Beberapa studi menyebutkan bahwa minum air putih yang cukup, dapat membuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Minum air putih sebelum makan juga akan membuat tubuhmu lebih cepat kenyang, sehingga kamu lebih mudah untuk mengontrol porsi makan kamu ladies.

Nah itu dia ladies beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh kamu, selamat mencoba ya !