WRP Loseweight special discount.

 Read more ...
WRP Active

Air Lemon Punya Segudang Manfaat? Cek Mitos dan Faktanya Yuk!

Air Lemon Punya Segudang Manfaat? Cek Mitos dan Faktanya Yuk!

Popularitas konsumsi air lemon dalam beberapa tahun terakhir memang meningkat tajam, terutama ketika berbagai tokoh yang memiliki pengaruh besar kepada masyarakat seperti artis ikut ramai mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari. Konsumsi air lemon di pagi hari dipercaya dapat meningkatkan mood, meningkatkan sistem imun dan kesehatan metabolik. Kandungan antioksidan yang tinggi dari buah dengan nama latin Citrus limon ini juga dipercaya dapat menangani penyakit kanker, batu ginjal, dan lainnya. Namun sebenarnya tidak semua klaim itu benar, kebanyakan adalah sekedar opini-opini yang berkembang di kalangan masyarakat saja sedangkan bukti hasil penelitian mengenai hal tersebut masih sangat minim bahkan tidak ada.

Air lemon adalah campuran air putih dengan perasan maupun irisan buah lemon. Jenis minuman ini sering disebut minuman rendah kalori karena komposisinya memang hanya air dan lemon saja, terkecuali jika saat kamu membuatnya diberikan gula atau madu tambahan. Lemon sendiri merupakan jenis buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi, serta mengandung beberapa mineral yang penting seperti folat dan potassium.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai klaim-klaim manfaat dari konsumsi air lemon yang akan dibahas apakah klaim tersebut fakta atau hanya opini saja ya ladies.

  • Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Seperti yang disebutkan di atas dapat diketahui bahwa lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain itu lemon juga memiliki kandungan flavonoid, yaitu senyawa antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Flavonoid dari lemon ini juga sering dikaitkan manfaatnya bagi sirkulasi darah, sensitivitas insulin dan kesehatan metabolik. Namun, hal tersebut merupakan hasil studi dari hewan percobaan. Belum ada penelitian yang dilakukan pada manusia untuk membuktikan hal tersebut.

  • Mengatasi Batu Ginjal dan Membersihkan Pembuluh Darah

Batu ginjal adalah tumpukan mineral yang mengeras yang terdapat pada ginjal. Biasanya jenis mineral yang mengeras ini adalah kalsium oksalat dan gumpalan yang mengeras ini dapat dihancurkan dengan sitrat. Air lemon memiliki kandungan sitrat yang cukup tingi, hasil beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi air lemon secara rutin dapat membantu menghancurkan batu ginjal. Biasanya sitrat yang digunakan adalah dalam bentuk suplemen, namun air lemon juga dapat memberikan efek yang sama. Selain itu, kandungan asam sitrat yang dimiliki air lemon juga dapat membersihkan tumpukan-tumpukan mineral pada arteri sehingga dapat mengatasi penyakit kardiovaskuler.

  • Antimikroba

Kandungan sitrat dan linalool yang dimiliki lemon diketahui dapat memberikan efek antimikroba. Kandungan ini dapat menghambat pertumbuhan jamur Aspergillus dan dapat digunakan untuk disinfektan air minum, serta dapat menonaktifkan virus rabies.

  • Memberikan Efek Alkali

Bagi penganut paham diet alkali, lemon dipercaya dapat memberikan efek alkali terhadap tubuh. Sebenarnya baik makanan atau minuman itu memiliki pH asam atau basa, di dalam tubuh sudah ada regulasi yang mengaturnya sendiri. Jadi konsumsi air lemon tidak memberikan efek yang signifikan bagi tubuh.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika anggapan masyarakat bahwa air lemon dapat membantu menurunkan berat badan, maka yang memberikan efek tersebut adalah air, bukan dari lemonnya ya ladies. Kita mengetahui bahwa air lemon adalah air yang diberi perasan atau irisan buah lemon, dan komposisi utamanya adalah air. Asupan air yang cukup dapat meningkatkan rasa kenyang dan sedikit meningkatkan metabolisme tubuh, hal ini memang diketahui dapat membantu menurunkan berat badan. Jadi, dalam hal ini air adalah komponen yang memberikan efek tersebut, bukan dari lemon.

  • Air Lemon Dapat Membantu Melancarkan Pencernaan

Salah satu kunci dari suksesnya penurunan berat badan adalah memiliki sistem pencernaan yang lancar. Ada banyak opini yang menyebutkan bahwa kandungan pada air lemon dapat meningkatkan kinerja pencernaan kamu dan sisa-sisa makanan dapat langsung dikeluarkan dari dalam tubuh. Faktanya, lemon tidak berperan dalam pencernaan tubuh lho. Bahkan rasa asam dari lemon dapat mempengaruhi keseimbangan pH tubuh, tetapi hal tersebut hanya berlangsung dalam waktu yang singkat karena tubuh secara alami akan menyeimbangkan pH alami kembali. Jika kamu ingin memperbaiki kinerja sistem pencernaan tubuh kamu, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung serat, seperti buah dan sayuran, serta minum air putih yang cukup setiap harinya.

  • Air Lemon Membantu untuk Mendetoks Racun dari Dalam Tubuh

Ungkapan lainnya yang populer mengenai air lemon yaitu air lemon dipercaya dapat membantu mendetoks tubuh. Konsumsi air lemon secara rutin bahkan setiap hari diyakini dapat membantu proses detoksifikasi tubuh kamu serta membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Faktanya, tubuh manusia secara alami memiliki organ tubuh, seperti hati dan ginjal yang memang berfungsi untuk mengeluarkan zat-zat yang tidak berguna untuk keluar dari dalam tubuh. Tubuh kamu selama ini sudah bekerja cukup baik untuk mendetoks dirinya sendiri, sehingga makanan atau minuman apapun sebetulnya tidak secara ajaib dapat membersihkan tubuh dari racun apa pun.

Nah ladies, sebetulnya tidak ada larangan khusus atau anjuran untuk mengonsumsi air lemon selagi masih dalam batasan wajar dan diperhatikan kebersihannya. Namun, jika kamu menderita gangguan lambung ada baiknya untuk berhati-hati dan membatasi konsumsi minuman jenis ini terutama saat perutmu kosong. Rasa asam yang dimiliki lemon dapat memicu rasa nyeri pada lambung. Kemudian saran untuk mengonsumsi air lemon sebaiknya menggunakan campuran air dengan suhu yang normal atau tidak terlalu panas, karena kandungan vitamin C pada lemon akan rusak pada suhu yang terlalu tinggi.