Cara Cepat Menurunkan Berat Badan dan Membentuk Perut

Punya perut dan pinggang yang kencang pasti dambaan semua wanita supaya bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan berat badan dan mengencangkan otot-otot perut sehingga membuat tubuhmu menjadi indah.

Weight Crunch

Cara cepat menurunkan berat badan yang pertama adalah rebahkan tubuh mu telentang di atas matras dan tekuk kedua kaki sehingga membentuk sudut 90 derajat. Pegang dumbbell pada masing-masing tangan dan tempatkan di atas dada Kamu.

Tarik napas lewat hidung dan renggangkan atau panjangkan tulang belakang. Kemudian, buang napas melalui mulut sambil menarik pusar ke arah tulang belakang Kamu. Tekuk badan sampai kedua tulang belikat terangkat dari matras. Pastikan kedua pundak tidak naik. Selanjutnya, turunkan secara perlahan badan sambil menarik napas, hembuskan napas sekali lagi, dan ulangi.

Crunch Toe Touch

Rapatkan kedua kaki ke atas dalam posisi lurus dan posisikan kedua tangan juga lurus ke atas. Tarik napas melalui hidung dan panjangkan atau renggangkan tulang belakang. Buang napas sambil angkat tubuh Kamu sampai tulang belikat tidak menyentuh matras dan kedua tangan nyaris menyentuh kedua kaki. Cara ini sangat cepat untuk membentuk perutmu.

Slow Bicycle

Baringkan tubuh Kamu di atas matras dan kedua tangan diletakkan di belakang kepala Kamu. Selanjutnya, tekuk kaki kiri sampai lutut mengarah ke dada dan angkat kaki kanan untuk membentuk sudut 45 derajat dari lantai. Angkat bagian atas badan Kamu, seperti kepala, bahu, dan leher, kemudian arahkan pundak sisi kanan mendekati kaki kiri. Tahan posisi tersebut sampai 3 hitungan.

Ulangi gerakan yang sama pada sisi badan sebelah kanan. Ulangi gerakan ini kira-kira 8 sampai dengan 15 kali untuk tiap sisi badan Kamu. Cara cepat menurunkan berat badan ini dapat kamu lakukan sekitar 5-10 menit setiap hari.

Mini Leg Lowers

Sambil berbaring di atas matras, posisikan tangan Kamu di samping atau di belakang kepala, menggunakan posisi yang paling membuatmu merasa nyaman. Angkat bagian atas tubuh Kamu, seperti kepala, leher, dan pundak, dan pastikan tidak menyentuh lantai. Angkat kedua kaki Kamu lurus ke atas, kemudian kontraksikan otot perut Kamu.

Turunkan kedua kaki sedikit secara perlahan, kira-kira 5 cm saja. Tahan posisi tersebut. Selanjutnya, angkat kaki secara perlahan sampai lurus kembali ke atas seperti semula. Ulangi gerakan ini 8 sampai 15 kali. Coba liat hasilnya terhadap penurunan berat badan dan pembentukan otot perut serta pinggang kamu.

Wide Leg Plank

Baringkan tubuh di atas matras dengan posisi telungkup dan lengan Kamu menyangga berat tubuh. Angkat pinggul dan gunakan ujung tumit serta kedua lengan sebagai tumpuannya seperti saat Kamu melakukan push up. Ketika Kamu mengangkat pinggul, kontraksikan otot perut. Tahan posisi tersebut selama 30 hingga 60 detik. Istirahat sejenak dan ulangi gerakan ini kira-kira 6 sampai 8 kali. Untuk tingkat yang lebih sulit, lakukan gerakan ini dengan cara dipercepat. Gunakan cara ini untuk membentuk otot perut dan pinggang kamu.

Side Bridge

Luruskan tubuh Kamu dari ujung kepala sampai ujung kaki dan letakkan siku di bawah pundak. Pertahankan posisi ini selama Kamu mampu tanpa menurunkan pinggul. Ulangi posisi ini untuk sisi tubuh satunya.

Belly Twister

Dalam posisi duduk, tekuk kedua lutut Kamu dengan tumit menyentuh lantai. Gunakan beban, seperti medicine ball seberat setengah sampai 1 kilogram, dan pegang di antara rusuk dan pusar dengan kedua tangan Kamu. Pastikan medicine ball tersebut di depan badan Kamu dan tidak berpindah. Putar tubuh ke satu arah. Saat berputar, tahan posisi tersebut sebentar, tarik napas Kamu, dan buang saat Kamu memutar tubuh ke sisi lain.

Ulangi gerakan ini sebanyak 2 set dengan pengulangan 6 sampai 12 kali untuk tiap set. Latihan belly twister terbukti mampu menurunkan berat badan dan membentuk tubuh bagian perut serta pinggang dengan cepat.

V Crunch

Cara menurunkan berat badan yang cepat dan sehat adalah dengan latihan V crunch. Baringkan tubuh Kamu secara terlentang di atas matras. Posisikan kedua lengan di samping badan dan luruskan. Pastikan telapak tangan Kamu menyentuh lantai. Selanjutnya, tekuk lutut ke arah dada sampai betis Kamu sejajar dengan lantai. Rapatkan lutut dan pergelangan kaki, dengan posisi telapak kaki seperti sedang berjinjit. Angkat kedua tangan dalam posisi lurus sampai ujung telapak tangan Kamu menyentuh sisi luar betis. Pastikan kedua telapak tangan saling berhadapan.

Tarik dan buang napas sambil mengangkat punggung bagian atas, kepala, dan leher dari matras. Pertahankan posisi Kamu. Jangan biarkan kepala dalam posisi seperti menggantung atau kedua pundak Kamu naik mendekati telinga, karena posisi ini justru akan membuat otot punggung atas dan leher tegang, bukan membentuk otot tubuh kamu.

Tarik dan buang napas sambil menarik tangan Kamu lurus sampai belakang, sejajar dengan kedua telinga. Pada saat yang bersamaan, luruskan lutut, lalu turunkan kedua kaki secara perlahan ke arah matras hanya sampai batas kemampuan Kamu. Pastikan posisi telapak kaki Kamu masih seperti sedang berjinjit dan pertahankan posisi perut tetap berkontraksi, serta punggung Kamu tidak melenting.

Tarik dan buang napas sambil putar kedua tangan Kamu ke depan. Tekuk lutut dan kembalikan ke posisi semula. Ulangi rangkaian gerakan ini hingga perut dan pinggang kamu terbiasa. Lakukan juga secara berkala agar latihan ini menjadi lebih efektif dalam menurunkan berat badan.

Yang Perlu Diperhatikan

Praktikkan latihan untuk otot perut dan pinggang ini sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu untuk latihan pembentukan otot tubuh, gerakan ini cukup efektif sebagai cara menurunkan berat badan serta membentuk perut.

Untuk menurunkan berat badan , sebagai permulaan, lakukan latihan ini dengan 1 set terdiri atas 10 kali pengulangan. Kamu juga dapat menggunakan alat seperti medicine ball yang dijepit di antara kedua lutut jika sudah siap.

Baca Lainnya: WRP Lose Weight, Cara Efektif Menurunkan Berat Badan​

Jangan sampai Kamu membiarkan punggung tengah terangkat dari matras atau lantai atau menahan perut saat kedua kaki dalam posisi lurus karena dapat mencederai punggung bagian bawah. Selain itu, untuk mempertahankan keefektifan latihan otot, jangan tahan napas kamu.